Strategi Program Acara Setetes Embun dalam Mempertahankan Program Dakwah di Jember 1 TV

Indriana, Tutut (2023) Strategi Program Acara Setetes Embun dalam Mempertahankan Program Dakwah di Jember 1 TV. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tutut Indriana_D20191067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tutut Indriana, 2023: Program Acara Setetes Embun dalam Mempertahankan
Program Dakwah di Jember 1 TV.
Kata Kunci: Media digital, Setetes Embun, Jember 1 TV
Media digital sangatlah dekat dengan masyarakat hampir seluruh masyarakat mengakses media, di mana saja dan kapan saja bisa menggunakan media, dengan berbagai manfaat yang diberikan media memberikan pengaruh terhadap penggunanya.
Media komunikasi massa yang dikenal lekat dengan masyarakat disemua kalangan baik menengah ke bawah dan kalangan atas adalah televisi yang mana bisa menarik perhatian audien, tidak hanya menampilkan program hiburan televisi juga menyampaikan informasi pendidikan untuk membujuk. Jember 1 TV hadir di tengah masyarakat Jember menghadirkan program acara untuk memenuhi minat pasar di Jember yang mayoritas penduduknya beragama Islam televisi lokal ini menghadirkan program acara dakwah yaitu Setetes Embun yang mempunyai peran sebagai media penyampaian dakwah di Jember untuk memenuhi kebutuhan spiritual masyarakat beragama Islam.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu strategi program acara Setetes Embun dalam mempertahankan program dakwah dan proses produksi program Setetes Embun di Jember 1 TV.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu untuk mengetahui program acara Setetes Embun dalam mempertahankan program dakwah dan untuk mengetahui proses produksi program Setetes Embun di Jember 1 TV.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, jenis penelitian field research di mana peneliti melakukan penggalian data langsung ke lapangan yaitu kantor Jember 1 TV. Dalam menentukan narasumber atau subjek penelitian peneliti menerapkan teknik purposive yaitu dengan menggunakan pertimbangan dan kriteria tertentu, teknik dalam mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik dalam melakukan wawancara adalah semi terstruktur, analisis datanya adalah analisis kualitatif deskriptif model Miles dan Huberman, keabsahan data mempergunakan metode triangulasi sumber.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa strategi juga bermakna mempertahankan sebuah konten televisi. Dalam membuat sebuah program produser harus mengamati apa yang ada di masyarakat. Sehingga konten sesuai dengan masyarakat. Hal ini adalah yang melatarbelakangi program Setetes Embun tetap bertahan hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220315 Philosophy of Religion
Depositing User: Tutut Indriana
Date Deposited: 12 May 2023 03:03
Last Modified: 12 May 2023 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23467

Actions (login required)

View Item View Item