Tradisi Barong Ider Bumi Di Kabupaten BAnyuwangi Pada Tahun 2004-2012

Riskika Taufik, Bella (2023) Tradisi Barong Ider Bumi Di Kabupaten BAnyuwangi Pada Tahun 2004-2012. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BELLA RISKIKA TAUFIK_U20194022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Barong Ider Bumi merupakan salah satu tradisi yang ada di Banyuwangi lebih khusus sebuah tradisi yang ada di Desa Kemiren. Tradisi Barong Ider Bumi adalah tradisi bersih-bersih desa yang mana barong sebagai perantara bagi manusia dan roh Buyut Cili. Bagi masyarakat Kemiren, mitos Buyut Cili merupakan simbol kekuatan alam semesta. Mitos tentang Buyut Cili merupakan wacana sakral yang dihadirkan sebagai pusat dalam praktek-praktek religi mereka. Buyut Cili dipercaya sebagai dhanyang Desa Kemiren, oleh sebab itu segala sesuatu yang memiliki keterkaitan kebaikan, baik secara personal (individu) maupun komunal (umum) selalu dimohonkan padanya. Tujuan adanya ritual Barong Ider Bumi ialah sebagai wujud rasa syukur dan juga sebagai penghilang tolak bala dari berbagai wabah penyakit agar Desa Kemiren dapat hidup dengan aman, selamat dan tentram.
Fokus dalam penelitian ini ada dua yaitu: (1) Bagaimana historisitas Barong Ider Bumi di Kabupaten Banyuwangi? (2) Bagaimana perubahan dari tradisi Barong Ider Bumi di Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2000 sampai dengan 2012?
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui historisitas Barong Ider Bumi di Kabupaten Banyuwangi. Selain itu juga untuk mengetahui perubahan dari tradi Barong Ider Bumi di Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2000 sampai dengan 2012.
Penelitian ini menggunkan metode penelitian sejarah. Metode penelitian sejarah merupakan metode yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan penelitian sejarah beserta permasalahannya. Menggunakan tahapan pemilihan topik pembahasan, heuristik, kritik sumber (verifikasi data), interpretasi dan historiografi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Ritual Barong Ider Bumi di selenggarakan setiap tahun pada hari raya kedua Idhul Fitri. Tidak banyak yang tau sejak kapan ritual ini dimulai akan tetapi pada jaman dahulu Desa Kemiren terserang Pagebluk. 2) Dari sejak munculnya hingga sampai saat ini, ritual Barong Ider Bumi mengalami sebuah perkembangan dan pergeseran dalam proses arak-arakan barong. Apalagi semenjak masuknya Barong Ider Bumi kedalam acara tahunan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yaitu Banyuwangi Festival (B-Fest). Masuknya Barong Ider Bumi kedalam B-Fest ini membuat adanya penambahan pada peserta arak-arakan barong. Segala kesenian yang ada di Desa Kemiren diikutsertakan dalam proses arak-arakan barong.
Kata Kunci: Tradisi, Barong, Ider Bumi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210202 Heritage and Cultural Conservation
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: MS Bella Riskika Taufik
Date Deposited: 12 May 2023 08:08
Last Modified: 12 May 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23486

Actions (login required)

View Item View Item