Pengaruh Religiusitas dan Etos Kerja Berdasarkan Nilai keislaman Terhadap Kinerja Karyawan Bank Muamalat Cabang Jember

Aqidatul, Islamiyah (2023) Pengaruh Religiusitas dan Etos Kerja Berdasarkan Nilai keislaman Terhadap Kinerja Karyawan Bank Muamalat Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN K.H Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
AQIDATUL ISLAMIYAH - WATERMAK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Aqidatul Islamiyah, 2023: Pengaruh Religiusitas Dan Etos Kerja Berdasarkan Nilai Keislaman Terhadap Kinerja Karyawan Bank Muamalat Cabang Jember

Kata Kunci: Religiusitas, Etos Kerja Berdasarkan Nilai Keislaman, Kinerja Karyawan, Bank Muamalat Cabang Jember.

Bank Muamalat merupakan perbankan yang dalam operasinya berlandaskan pada nilai-nilai syariat Islam, selama pandemi covid-19 Bank Muamalat mengalami penurunan keuangan hingga 2 tahun setelahnya Bank Muamalat mulai mengalami perkembangan, dengan perkembangan yang dialaminya pastinya semua cabang ikut andil dalam proses perkembangan tersebut tidak terkecuali Bank Muamalat Cabang Jember. Dari fenomena yang telah ditemukan karyawan Bank Muamalat Cabang Jember sangat menjunjung tinggi nilai-nilai dan prinsip perusahaan, sehingga tidak menutup kemungkinan sikap religiusitas dan etos kerja berdasarkan nilai keislaman tercipta.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah religiusitas dapat berpengaruh terhadap kinerja karyawan Bank Muamalat Cabang Jember? 2) Apakah etos kerja berdasarkan nilai keislaman dapat berpengaruh terhadap kinerja karyawan Bank Muamalat Cabang Jember?
Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap kinerja karyawan Bank Muamalat Cabang Jember. 2) Untuk mengetahui pengaruh etos kerja berdasarkan nilai keislaman terhadap kinerja karyawan Bank Muamalat Cabang Jember.
Penelitian pada Bank Muamalat Cabang Jember ini merupakan penelitiaan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif Kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan penyebaran koesioner, observasi, dokumentasi dan kepustakaan. sedangkan analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi, uji parsial, dan uji simultan.
Hasil dari penelitian ini memperoleh simpulan bahwa tidak selamanya sikap religiusitas dan etos kerja berdasarkan nilai keislaman secara parsial dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Adapun hasil penelitian skripsi ini yakni 1) Variabel religiusitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. 2) Variabel etos kerja berdasarkan nilai keislaman berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Depositing User: mrs Aqidatul Islamiyah
Date Deposited: 12 May 2023 07:31
Last Modified: 12 May 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23492

Actions (login required)

View Item View Item