Strategi Pengembangan Home Industry Peralatan Dapur Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi

Anam, Khoirul (2023) Strategi Pengembangan Home Industry Peralatan Dapur Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khoirul Anam_E20192163.pdf
Restricted to Registered users only until May 2027.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Khoirul Anam, Dr. Roni Subhan, S.Pd., M.Pd. 2023: Strategi Pengembangan Home Industry Peralatan Dapur Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Home yang artinya rumah, tempat tinggal, ataupun kampung halaman. Sedang Industry, dapat diartikan sebagai kerajinan, usaha produk barang dan ataupun perusahaan. Home Industry adalah rumah usaha produk barang atau perusahaan kecil. Disebut sebagai perusahaan kecil atau usaha kecil karena suatu kegiatan ekonominya itu terpusat di rumah rumah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini: 1) Bagaimana strategi pengambangan home industry peralatan dapur untuk meningkatkan pendapatan keluarga di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi? 2) Dampak adanya strategi S-O (Strengths – Opportunities) terhadap pengembangan home industry peralatan dapur untuk meningkatkan pendapatan keluarga di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi? 3) Apa saja yang menjadi kendala dalam pengembangan home industry peralatan dapur untuk meningkatkan pendapatan keluarga di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui cara pengembangan home industry peralatan dapur untuk meningkatkan pendapatan keluarga di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui dampak adanya strategi S-O (Strengths – Opportunities) terhadap pengembangan home industry peralatan dapur untuk meningkatkan pendapatan keluarga di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. 3) Untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala dalam proses pengembangan home industry peralatan dapur untuk meningkatkan pendapatan keluarga di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis SWOT. Keabsahan data menggunakan teknik meningkatkan ketekunan.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha home industry peralatan dapur untuk meningkatkan pendapatan keluarga yaitu dengan menggunakan strategi (Strengths-Opportunities) S-O yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Berikut strategi SO yang dapat diterapkan untuk mengembangkan usaha home industry peralatan dapur untuk meningkatkan pendapatan keluarga di kecamatan kalibaru kabupaten banyuwangi adalah dengan meningkatkan kualitas produk dengan desain yang unik dan berbeda dengan yang lain, maka permintaan peralatan dapur di pasaran akan meningkat, menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, bisa memperluas jaringan pemasaran, kualitas yang bagus dan terjamin bisa membangun pandangan baik konsumen terhadap produk yang dipasarkan, membuka layanan terima pesanan sesuai keinginan konsumen bisa memperluas jaringan pemasaran. 2) Setelah adanya strategi S-O (Strengths – Opportunities) ada dampak yang dialami oleh usaha home industry peralatan dapur di Kecamatan Kalibaru, dampak tersebut adalah membangun kepercayaan konsumen, meningkatnya pendapatan home industri peralatan dapur dan keluarga sebagai pelaku usaha tersebut, dan bisa memperluas jaringan pemasaran. 3) Hal yang menjadi kendala dalam menjalankan usaha yang dihadapi oleh para pelaku usaha home industry peralatan dapur adalah peralatan produksi yang masih sederhana (manual) dan harga bahan baku sering meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Khoirul Anam
Date Deposited: 15 May 2023 01:18
Last Modified: 30 May 2023 04:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23493

Actions (login required)

View Item View Item