Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Means-Ends Analysis (MEA) untuk Mengajarkan Koneksi Matematis Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Argopuro 2 Suci

Sobiroh, Novi Ismi (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Means-Ends Analysis (MEA) untuk Mengajarkan Koneksi Matematis Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Argopuro 2 Suci. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Novi Ismi Sobiroh_T20197107.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan untuk pembelajaran yang dilakukan dengan menghasilkan produk didasarkan pada teori-teori pengembangan yang ada. Proses pembelajaran di kelas memiliki banyak model pembelajaran salah satunya yaitu Model Means-Ends Analysis (MEA). Model pembelajaran ini dilakukan sebagai langkah awal pembelajaran koneksi matematis terutama pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana tingkat kevalidan perangkat pembelajaran?, 2) Bagaimana tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran?, dan 3) Bagaimana tingkat keefektifan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) untuk mengajarkan koneksi matematis peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Argopuro 2 Suc?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan hasil kevalidan perangkat pembelajaran, 2) untuk mendeskripsikan hasil kepraktisan perangkat pembelajaran, dan 3) untuk mendeskripsikan hasil keefektifan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) untuk mengajarkan koneksi matematis peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Argopuro 2 Suci.
Peneliti menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang dipilih adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) untuk merancang suatu sistem pembelajaran. Subjek uji coba dalam penelitian ini ditentukan sendiri oleh peneliti. Model pengembangan ADDIE memiliki lima tahapan yaitu: diawali dengan menganalisis, mendesain, mengembangkan, menerapkan dan mengevaluasi.
Hasil dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran model Means Ends Analysis untuk mengajarkan koneksi matematis pada materi SPLDV valid dengan skor kevalidan RPP sebesar 3,67 untuk LKPD sebesar 3,61 dan soal post-test sebesar 3,5. Skor praktis untuk angket respon peserta didik 83,74%, lembar keterlaksanaan guru dalam kelas sebesar 92,64% dan 87,50%, untuk lembar observasi aktivitas peserta didik pada kelompok tertentu mendapatkan skor kepraktisan lebih dari 60% yang menunjukkan kriteria baik atau sangat baik. Skor efektif dari hasil post-test peserta didik secara klasikal untuk tes pengetahuan sebesar 88,4% dan tes koneksi matematis sebesar 92,3%. Sehingga perangkat pembelajaran ini tidak perlu adanya revisi.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Means-Ends Analysis (MEA), Koneksi Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010108 Operator Algebras and Functional Analysis
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Novi Ismi Sobiroh UIN KHAS Jember
Date Deposited: 17 May 2023 08:06
Last Modified: 17 May 2023 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23507

Actions (login required)

View Item View Item