Penggunaan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022

Azizah, Faridatul Jannah (2023) Penggunaan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Penggunaan metode diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas x Madrasah Aliyah Negeri 1 Probolinggo)
REVISI SKRIPSI AZIZAH FARIDATUL JANNAH.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Metode diskusi adalah metode mengajar yang sangat erat hubungannya dengan belajar memecahkan masalah (problem solving). Sedangkan Motivasi dan belajar adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, dalam kegiatan belajar diperlukan motivasi yang mendukung belajar siswa. Belajar dilandasi oleh motivasi yang kuat akan memberikan hasil belajar yang lebih baik. Salah satu indikator keberhasilan dalam pembelajaran adalah siswa mampu untuk menguasai mata pelajaran fiqih yang diajarkan disekolah.
Fokus dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan penggunaan metode diskusi dalam pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022? 2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan metode diskusi dalam pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022? 3)Bagaimana evaluasi metode diskusi dalam pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022 ?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah lapangan karena peneliti mengumpulkan data di lapangan, (yaitu di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Probolinggo. Informan dari penelitian ini yaitu guru, dan siswa siswi kelas X Madrasa). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dari model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah 1)kondensasi data, 2) data display (penyajian data), 3) conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan /verifikasi). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Perencanaan Metode Diskusi dalam mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Probolinggo tahun ajaran 2021/2022 yaitu guru merencanakan perangkat pembelajaran meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan sumber belajar. Pelaksanaan pembelajaran yang dalam hal ini melakukan metode diskusi meliputi tiga komponen yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Selanjutnya melakukan proses evaluasi guru atas pelaksanaan pembelajaran fikih yaitu melalui keaktifan siswa dalam pembelajaran, melalui evaluasi hasil belajar siswa, melakukan penilaian kriteria siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azizah Faridatul Jannah
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:58
Last Modified: 23 Jun 2023 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23517

Actions (login required)

View Item View Item