Analisis Prinsip Ekonomi Islam Pada Produk Investasi Emas Di Pegadaian Syariah A Yani Cabang Jember

Muhammad, Fadil (2023) Analisis Prinsip Ekonomi Islam Pada Produk Investasi Emas Di Pegadaian Syariah A Yani Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
dokumen penting terbaru(1)(2)-1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Muhammad Fadil, Dr. Abdul Rokhim, S.ag, M.E.I 2023: “Analisis Prinsip Ekonomi Islam Pada Produk Investasi Emas di Pegadaian Syariah A Yani Cabang Jember”
Ekonomi Islam adalah suatu ilmu yang multidimensi/interdisiplin komprehensif, dan saling terintegrasi, meliputi ilmu Islam yang bersumber dari al-qur’an dan sunnah, dan juga ilmu rasional, dengan ilmu ini manusia dapat mengatasi masalah-masalah keterbatasan sumber daya untuk mencapai falah (kebahagiaan).
Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan produk investasi emas Pegadaian Syariah A Yani Cabang Jember, 2) bagaimana perspektif prinsip ekonomi Islam pada investasi emas di Pegadaian Syariah A Yani Cabang Jember.
Adapun yang tujuan peneliti ini yaitu sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan produk investasi pada Pegadaian Syariah A Yani Cabang Jember. 2) Untuk mengetahui perspektif prinsip ekonomi Islam terhadap produk investasi emas pada Pegadaian Syariah A Yani Cabang Jember.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Tempat penelitian ini adalah Pegadaian Syariah A Yani Cabang Jember. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) Observasi, peneliti dapat langsung mencatat setiap kejadian yang berlangsung di lapangan, dan peneliti dapat langsung memperoleh data dari informan yang dibutuhkan. 2) Wawancara, dalam wawancara ini peneliti akan memperoleh data berupa: analisis prinsip ekonomi Islam, analisis cara berinvestasi sesuai dengan syariat Islam. 3) Dokumentasi, adapun data yang akan diperoleh melalui penanaman ini adalah: sejarah dan struktur organisasi Pegadaian Syariah A Yani Cabang Jember. Sedangkan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang penulis dapatkan 1. investasi emas pada Pegadaian Syariah A Yani Cabang Jember ada dua yaitu logam mulia dan tabungan emas. Investasi logam mulia bisa didapatkan secara tunai dan angsuran. Tabungan emas didapatkan dengan membuka buku tabungan terlebih dahulu kemudian menabung mulai dari Rp. 10.000 dengan memberikan fasilitas titipan dengan harga terjangkau. 2. Adapun prinsip ekonomi Islam terhadap investasi emas adalah mubah (boleh) dengan catatan tidak untuk menimbun harta melainkan ada tujuan yang sesuai dengan syariat Islam.

Kata Kunci :prinsip ekonomi Islam, produk investasi, hukum investasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Muhammad Fadil
Date Deposited: 17 May 2023 07:17
Last Modified: 17 May 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23519

Actions (login required)

View Item View Item