IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROGRAM UNGGULAN TUNTAS BACA QUR’AN (TBQ) DI SMP NEGERI 4 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Safitri, Meita Eka Nur (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROGRAM UNGGULAN TUNTAS BACA QUR’AN (TBQ) DI SMP NEGERI 4 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Meita Eka Nur Safitri NIM-T20191284.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mengingat sangat pentingnya Al-Qur’an sebagai pemberi syafa’at, pedoman dan
petunjuk bagi umat Islam, maka umat Islam harus mampu membaca Al-Qur’an dengan baik
dan benar sesuai dengan kaidah atau aturan membaca ayat Al-Qur’an. Pembelajaran program
unggulan TBQ di SMP Negeri 4 Lumajang ini merupakan program pembelajaran yang
bertujuan untuk menuntaskan bacaan Al-Qur’an bagi peserta didik yang bacaan Al-Qur’annya
masih belum lancar dan tidak sesuai dengan kaidah ilmu tajwid yang sesungguhnya.
Fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran program unggulan TBQ di
SMPN 4 Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
program unggulan TBQ di SMPN 4 Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023?. 3) Bagaimana
evaluasi pembelajaran program unggulan TBQ di SMPN 4 Lumajang Tahun Pelajaran
2022/2023?.
Tujuan penelitian yaitu: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran program
unggulan TBQ di SMPN 4 Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) untuk mendeskripsikan
pelaksanaan pembelajaran program unggulan TBQ di SMPN 4 Lumajang Tahun Pelajaran
2022/2023. 3) untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran program unggulan TBQ di
SMPN 4 Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan
jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data,
menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) perencanaan pembelajaran program unggulan TBQ
meliputi a) pembelajaran program unggulan TBQ sudah sesuai dengan surat keputusan. b)
pembelajaran program TBQ menggunakan metode Ummi sehingga staf guru program
unggulan TBQ diseleksi oleh UMMI Foundation . c) penentuan kelas peserta didik program
unggulan TBQ berdasarkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. d) pembuatan
program tahunan (prota), program semester (promes) dan RPP. 2) dalam pelaksanaan
pembelajaran program unggulan TBQ meliputi: a) dilaksanakan setiap hari Selasa, Rabu, dan
Kamis dengan alokasi waktu yang telah disediakan sebanyak 80 menit/tatap muka di jam 3/4
dan 7/8. c) pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP yang dibuat. d) penilaian harian
dilakukan setiap selesai pertemuan pembelajaran sesuai kemampuan peserta didik. e)
penilaian akhir atau kenaikan jilid ini merupakan penentu apakah peserta didik naik ke jilid
selamjutnya ataukah menetap dijilid sebelumnya. 3) evaluasi pembelajaran program unggulan
TBQ yaitu mengadakan rapat yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali.
Dapat disimpulkan bahwa setelah adanya pembelajaran program TBQ, peserta didik
yang semula belum lancar membaca Al-Qur’an menjadi lancar dalam membaca Al-Qur’an.
Sehingga pembelajaran program TBQ dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an peserta didik.
Kata Kunci: Pembelajaran, Program Unggulan Tuntas Baca Qur’an (TBQ)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Meita Eka Nur Safitri
Date Deposited: 17 May 2023 02:36
Last Modified: 17 May 2023 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23523

Actions (login required)

View Item View Item