IMPLEMENTASI ASAS-ASAS UMUM PEMERINTAHAN YANG BAIK MELALUI PENGGUNAAN SISTEM PELAYANAN RAKYAT SIDOARJO PADA PEMERINTAHAN DESA KAJEKSAN KECAMATAN TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO

Lestari, Mega Ayu (2023) IMPLEMENTASI ASAS-ASAS UMUM PEMERINTAHAN YANG BAIK MELALUI PENGGUNAAN SISTEM PELAYANAN RAKYAT SIDOARJO PADA PEMERINTAHAN DESA KAJEKSAN KECAMATAN TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MEGA AYU LESTARI_S20193043.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Mega Ayu Lestari, 2023: Implementasi Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik (AUPB) Melalui Penggunaan Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) pada Pemerintahan Desa Kajeksan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo

Kata Kunci: Implementasi, Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik, Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo, Pemerintahan Desa Kajeksan

Pemerintahan Kabupaten Sidoarjo mengeluarkan inovasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) demi kemudahan penyelenggaraan pelayanan sejalan dengan asas pelayanan yang baik Pasal 10 ayat (1) huruf h Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan. SIPRAJA hadir sebagai wujud pelayanan administrasi berbasis online melalui website dan aplikasi. Pembahasan mengenai administrasi dan kepegawaian dalam fiqh siyasah disebut siyasah idariyah. Prinsip keadilan sesuai dengan Q.S. An-Nisa’ ayat 58 menjadi salah satu bagian penentu baik atau tidak penyelenggaraan pelayanan dilakukan. Fakta lapangan Pada Pemerintahan Desa Kajeksan masih terdapat hambatan mulai dari website error, tidak bisa membuka aplikasi SIPRAJA dan harus menunggu operator hidup untuk mendapatkan pelayanan.
Fokus Penelitian: 1) Bagaimana implementasi Asas Pelayanan yang Baik melalui penggunaan SIPRAJA pada Pemerintahan Desa Kajeksan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan?. 2) Apakah penggunaan SIPRAJA dapat memberikan kemudahan bagi Pemerintahan dan masyarakat Desa Kajeksan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo dalam mengimplementasikan asas pelayanan yang baik berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan? 2)
Jenis penelitian ini berupa penelitian hukum empiris dengan pendekatan sosiologi hukum. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan keabsahan data melalui uji kredibilitas data triangulasi sumber dan metode.
Kesimpulan dari penelitian ini: 1) Implementasi Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik (AUPB) melalui penggunaan SIPRAJA telah dijalankan dengan baik oleh Pemerintahan Desa Kajeksan namun harus ada beberapa hal yang harus dilakukan perbaikan. 2.) Tersedianya tanda tangan dan stampel elektronik memberikan kemudahan bagi pemerintahan untuk kecepatan layanan. Hadirnya SIPRAJA melalui akses online dan tanpa harus datang ke lokasi pelayanan dan tracking sistem memudahkan masyarakat dalam pengurusan pelayanan namun terdapat benturan inovasi SIPRAJA dengan Plavon Dukcapil Sidoarjo.
Saran dalam penelitian ini: 1) Perlu adanya kejelasan biaya dan prosedur pelayanan serta perbaikan kotak pengaduan yang bisa dilakukan secara online dan terintegrasi dengan SIPRAJA pada lokasi pelayanan di Desa Kajeksan. 2) Perlu adanya sosialisasi lanjutan serta kebijakan Pemerintahan Kabupaten Sidoarjo atas benturan inovasi SIPRAJA dan Plavon Dukcapil Sidoarjo agar tercipta kebijakan memberikan kejelasan penggunaan kedua inovasi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: MIS MEGA AYU LESTARI
Date Deposited: 17 May 2023 03:45
Last Modified: 17 May 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23533

Actions (login required)

View Item View Item