IMPELEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KABUPATEN PROBOLINGGO

Kurniawan, Roy (2023) IMPELEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ROY KURNIAWAN_T20181407.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Roy Kurniawan, 2022: Implementasi Media Pembelajaran Quzizz pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 2 Kabupaten Probolinggo.
Kata Kunci : Implementasi, Media pembelajaran, Quizizz, Sejarah Kebudayaan Islam.
Sekolah telah menggunakan teknologi pembelajaran dari waktu ke waktu, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran melalui media kuis. Quizizz adalah aplikasi pendidikan berupa lingkungan belajar berbasis pemainan yang digunakan sebagai alat untuk mengajar siswa. Quizizz ini popular ketika masa pandemic covid 2019 lalu, dimana pembelajaran dilakukan secara daring. Namun, seiring berkembangnya zaman dan dirasakannya manfaat dari penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran khususnya PAI, maka guru PAI Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo tetap mempertahankan penggunaan aplikasi ini dalam mengajar PAI setelah masa pandemic berakhir.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui implementasi Media Pembelajaran Quizizz Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo. (2) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam implementasi Media Pembelajaran Quizizz Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kabupaten Probolinggo pada kelas X yang berjumlah 28 siswa. Teknik purposive sampling dilakukan untuk 4 siswa sebagai subjek penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi Media Pembelajaran Quizizz Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten ini dilaksanakan dengan baik sesuai langkah-langkah yang telah guru buat dan proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik. Langkah tersebut yaitu : Perencanaan dimana guru membuat RPP, Prota , promes dan silabus, kemudian menyiapkan media dengan mendownload Qizizz, lalu mebuat soal dan memasukkan soal yang dibuat pada aplikasi Quizizz.selanjutnya pelaksanaan, pada tahap ini guru menyiapkan proyektor, mambagikan kode dan meminta siswa mengerjakan Quizizz. Kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam implementasi media pembelajaran Quizizz Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo yaitu RAM tidak cukup dan Gangguan Akses Internet, permasalahan waktu, dan peringkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Roy Roy Kurniawan Kurniawan
Date Deposited: 17 May 2023 02:53
Last Modified: 17 May 2023 02:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23535

Actions (login required)

View Item View Item