Pengaruh Kepemimpinan Islam, kompensasi, Motivasi dan Kualitas Lingkungan Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan di KSPS BMT-UGT Sidogiri Kabupaten Situbondo.

Marom, Nailul (2020) Pengaruh Kepemimpinan Islam, kompensasi, Motivasi dan Kualitas Lingkungan Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan di KSPS BMT-UGT Sidogiri Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nailul Marom_0839216010.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Kepemimpinan Islam, Kompensasi, Motivasi, Kualitas Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan bagian dari manajemen keorganisasian yang memfokuskan diri pada unsur Sumber Daya Manusia. Tugas MSDM adalah mengelola unsur manusia secara baik agar diperoleh tenaga kerja yang puas akan pekerjaannya. Memahami pentingnya keberadaan SDM di suatu perusahaan, maka salah satu upaya yang harus dicapai oleh perusahaan adalah dengan meningkatkan kualitas SDM. Maka penelitian ini, peneliti menggunakan model statistik analisis regresi linier berganda guna menunjukkan bahwa variabel Kepemimpinan Islam (X1), Kompensasi (X2), Motivasi (X3), dan Kualitas Lingkungan Kerja (X4) secara simultan/bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan di KSPS BMT-UGT Sidogiri Situbondo (Y). Populasi dalam pelenitian ini ialah seluruh karyawan yang bekerja di KSPS BMTUGT Sidogiri Kabupaten Situbondo yang jumlahnya sebanyak 52 orang dan sekaligus sampel penelitian sebanyak 52 orang sama dengan jumlah populasinya. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel Kepemimpinan Islam (X1), Kompensasi (X2), Motivasi (X3), dan Kualitas Lingkungan Kerja (X4) secara simultan/bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan di KSPS BMTUGT Sidogiri Situbondo (Y). 1) Dari keempat variabel bebas ternyata secara bersama-sama/serentak (simultan) mempunyai pengaruh sebesar 68,30 % terhadap tingkat kepuasan kerja karyawan di KSPS BMT-UGT Sidogiri Situbondo (Y), sehingga hipotesis pertama dinyatakan diterima; 2) Dari keempat variabel bebas ternyata hanya tiga variabel yang secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan kerja karyawan di KSPS BMT-UGT Sidogiri Situbondo (Y), yaitu variabel motivasi (X3) dan kualitas lingkungan kerja(X4). Dari kedua variabel independen yang secara signifikan berpengaruh, terbukti bahwa variabel motivasi (X3) dan kualitas lingkungan kerja (X4) mempunyai pengaruh sebesar 37,79 %; dan 26,47 % terhadap tingkat kepuasan kerja karyawan di KSPS BMT-UGT Sidogiri Situbondo, sehingga hipotesis kedua dinyatakan ditolak; 3) Dari kedua variabel independen yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan kerja karyawan di KSPS BMT-UGT Sidogiri Situbondo, variabel motivasi (X3) adalah variabel yang mempunyai pengaruh dominan, yaitu sebesar 37,79 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 May 2023 01:52
Last Modified: 17 May 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23544

Actions (login required)

View Item View Item