Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film "Cinta Subuh" Karya Indra Gunawan

Faisol, Moh (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film "Cinta Subuh" Karya Indra Gunawan. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDIQ JEMBER.

[img] Text
Moh Faisol_Nim T20191271.pdf

Download (3MB)

Abstract

Moh Faisol, 2023: Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film “Cinta Subuh” Karya Indra Gunawan
Kata kunci: Nilai Pendidikan Islam, Film Cinta Subuh Karya Indra Gunawan
Film merupakan sebuah media pendidikan yang efektif digunakan sebagai media pembelajaran. selain itu film juga digunakan untuk menanamkan atau mentransfer nilai nilai pendidikan Islam kepada seseorang. Salah satu media yang berindikasi memiliki nilai-nilai pendidikan Islam yaitu film “Cinta Subuh”. Untuk itu, peneliti mengangkat judul penelitian yang mengkaji mengenai nilai pendidikan Islam dalam film “Cinta Subuh” sangat penting dilakukan.
Fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam aspek syariah dalam film “Cinta Subuh” Karya Indra Gunawan? (2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam aspek akidah dalam film “Cinta Subuh” karya Indra Gunawan? (3) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam aspek akhlak dalam film “Cinta Subuh” karya Indra Gunawan?
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam aspek syariah dalam film “Cinta Subuh” karya Indra Gunawan. (2) Untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam aspek akidah dalam film “Cinta Subuh” karya Indra Gunawan. (3) Untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam aspek akhlak dalam film “Cinta Subuh” karya Indra Gunawan.
Penelitian ini kualitatif dengan Jenis penelitian ini yaitu library research atau penelian kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi adegan film”Cinta Subuh” dan buku, jurna dan artikel sebagai pendukung. Analisis data menggunakan analisis semiotika Ferdinand De Saussure, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian ini bahwa film “cinta subuh” karya indra gunawan mengandung nilai-nilai pendidikan Islam: (1) Aspek syariah yang meliputi ibadah mahdah dan ibadah ghairu mahdhah. Ibadah mahdhah meliputi salat berjemaah sedangkan ibadah ghairu mahdhah meliputi tidak boleh menyentuh lawan jenis, rezeki halal, tidak boleh pacaran, perwalian, menutup aurat, dan menikah. (2) Aspek akidah ruang lingkup iman kepada Allah Swt. Yaitu berdoa, hujan hanya datang dari Allah Swt. Meninggal dunia, dzikir dan memohon ampunan. (3) Aspek akhlak yaitu akhlak kepada Rasulullah meliputi makan menggunakan tangan kanan, wajib menjawab salam, senyum, hemat, dilarang menikung lamaran orang lain, menuntut ilmu, membawa anak kecil salat berjemaah di masjid dan kebersihan. Akhlak kepada diri sendiri meliputi sabar, bersyukur, meminta maaf, optimis, produktif, dan jujur. Akhlak kepada keluarga meliputi, sopan, merawat orang tua, istri salihah, dan memberi nasihat. Akhlak kepada masyarakat meliputi, membantu mendorong motor, toleransi perbedaan agama, dan bertamu. Akhlak kepada lingkungan meliputi penghijauan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Faisol Moh Faisol
Date Deposited: 17 May 2023 02:40
Last Modified: 17 May 2023 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23548

Actions (login required)

View Item View Item