Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Learning di SMPN 2 Balongbendo Kabupaten Sidoarjo Tahun Ajaran 2021/2022

Syarifuddin, Rasikh (2023) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Learning di SMPN 2 Balongbendo Kabupaten Sidoarjo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI M.RASIKH_FIX WATERMARK.pdf

Download (6MB)

Abstract

Muhammad Rasikh Syarifuddin, 2023. “Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) Berbasis Blended Learning di SMPN 2 Balongbendo Kabupaten
Sidoarjo Tahun Ajaran 2021/2022.”
Kata Kuci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Blended Learning
Pembelajaran PAI berbasis Blended Learning ini dilatarbelakangi oleh
kondisi waktu itu sedang dilanda wabah Covid-19, sehingga membuat
pembelajaran dilaksanakan secara daring guna memutus rantai penyebaran virus
corona. Ketidaksiapan dari banyak pihak dalam melakukan pembelajaran daring
secara penuh, menimbulkan keluhan dari masyarakat yang langsung merasakan
dampak dari wabah tersebut. Sehingga salah satu metode yang dapat diterapkan
untuk melaksanakan pembelajaran adalah blended learning yang mana
menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI
berbasis blended learning di SMPN 2 Balongbendo Kabupaten Sidoarjo tahun
ajaran 2021/2022?; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis
blended learning di SMPN 2 Balongbendo Kabupaten Sidoarjo tahun ajaran
2021/2022?; 3) Bagaimana dampak penerapan pembelajaran PAI berbasis blended
learning di SMPN 2 Balongbendo Kabupaten Sidoarjo tahun ajaran 2021/2022?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran PAI berbasis blended learning di SMPN 2 Balongbendo Kabupaten
Sidoarjo tahun ajaran 2021/2022, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
PAI berbasis blended learning di SMPN 2 Balongbendo Kabupaten Sidoarjo
tahun ajaran 2021/2022, (3) Mendeskripsikan dampak penerapan pembelajaran
PAI berbasis blended learning di SMPN 2 Balongbendo Kabupaten Sidoarjo
tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Untuk
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Dalam perencanaan
pembelajaran ini membuat persiapan bahan ajar, mulai dari menyiapkan materi
dan menyiapkan jadwal pembelajaran tatap muka dengan tetap memperhatikan
protokol kesehatan dan pembelajaran online juga harus menentukan komposisi
waktu dalam pelaksanaan belajar online. 2) Pelaksanaan Pembelajaran blended
learning ini tidak jauh berbeda dengan pembelajaran pada umumnya, dilakukan
sesuai dengan RPP yang telah disusun. 3) Dampak dari adanya blended learning
yaitu semangat dan motivasi belajar peserta didik meningkat, berbeda saat full
online pembelajaran jadi kurang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Rasikh Syarifuddin
Date Deposited: 17 May 2023 03:42
Last Modified: 17 May 2023 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23551

Actions (login required)

View Item View Item