HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SMP NEGERI 1 TANGGUL

Fikriyah, A'yunil (2023) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SMP NEGERI 1 TANGGUL. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
A'YUNIL FIKRIYAH_D20193017.pdf

Download (6MB)

Abstract

A’yunil Fikriyah, 2023: Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Dari Keluarga Broken Home Di SMP Negeri 1 Tanggul

Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Kecenderungan Perilaku Agresif, Siswa SMP

Perhatian orang tua merupakan fokus energi yang diarahkan pada hal-hal yang dilakukan ayah, ibu, atau orang dewasa lainnya yang mengawasi anak-anaknya dalam suatu aktivitas. Kecenderungan perilaku agresif adalah kecondongan hati yang bertindak pada suatu perilaku yang bisa membahayakan orang lain, dimana perilaku tersebut bisa dilakukan dengan sengaja untuk menyerang, melukai orang lain secara fisik maupun lisan tanpa ada situasi yang mendesak. Siswa adalah mereka yang berasal dari anggota masyarakat untuk mencapai potensinya secara maksimal melalui sistem pendidikan resmi dan informal. Kecenderungan perilaku agresif dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor ekternal salah satunya yaitu keluarga. Keluarga yang didalamnya selalu mengalami pertengkaran (broken home) akan bisa membuat anak cenderung berperilaku agresif, karena menurut dia keluarga sudah kehilangan maknanya dalam hidup. Maka dari itu perhatian orang tua sangat dibutuhkan bagi anak karena bisa mempengaruhi pada perilaku dan pemikiran anak.
Rumusan masalah pada penelitin ini tunggal yaitu: Apakah ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan kecenderungan perilaku agresif siswa dari keluarga broken home di SMP Negeri 1 Tanggul?
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan kecenderungan perilaku agresif siswa dari keluarga broken home di SMP Negeri 1 Tanggul.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan korelasi (correlational studies) tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antar variabel. Teknik pengumpulan data menggunakan pada penelitian ini yaitu observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Tanggul dari keluarga broken home yang cenderung berperilaku agresif sejumlah 101 siswa dan pemilihan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive sebanyak 36 siswa. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan regresi.
Berdasarkan analis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan kecenderungan perilaku agresif siswa dari keluarga broken home di SMP Negeri 1 Tanggul. Hal ini terbukti dengan hasil hipotesis jika thitung > ttabel yakni 5,702 > 1,689 yang beralrti Hal diterima dengan koefisien sebesar 613%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170201 Computer Perception, Memory and Attention
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms A'yunil Fikriyah
Date Deposited: 17 May 2023 07:26
Last Modified: 17 May 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23554

Actions (login required)

View Item View Item