Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Upaya Menanankan Nilai-Nilai Keagamaan Siswa MTs Silahul Muslimin Tegaldlimo Banyuwangi

Masruroh, Siti Khanifatin (2023) Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Upaya Menanankan Nilai-Nilai Keagamaan Siswa MTs Silahul Muslimin Tegaldlimo Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Khas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
siti khanifatin masruroh_T20191332 123.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peran guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada siswa adalah dengan penanaman nilai keagamaan yang paling utama adalah masalah moral, jadi moral itu identik dengan tingkah laku, perbuatan,etika, sopan dan santun karena agama tanpa akhlak untuk meluruskan dan untuk mengajari pesera didik itu sulit. Jadi untuk menanamkan keagamaan pada peserta didik harus mempraktikkan secara langsung atau bertindak secara langsung sehingga guru harus bisa memberikan contoh perilaku yang baik terlebih dahulu ke peserta didiknya, karena murid itu akan menirukannya didalam mewujudkan nilai keagamaan pada peserta didik supaya nilai akidah bisa tertanam pada peserta didik.
Mengacu pada latar belakang tersebut, maka fokus penelitian yaitu: (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai keagamaan pada siswa kelas IX MTs Silahul Muslimin. (2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada siswa kelas IX MTs Silahul Muslimin. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai keagamaan pada siswa kelas IX MTs Silahul Muslimin. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada siswa kelas IX MTs Silahul Muslimi.
Adapun metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengn pendekatan deskriptif serta subyeknya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil peneitian ini adalah: 1) peran guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai keagamaan pada siswa kelas IX MTs Silahul Muslimin meliputi a. memotivasi yaitu tidak hanya meimbeirikan mateiri peimbeilajaran saja, memotivasi siswa harus belajar giat dan tekun, kemudian menasehati. b. memfasilitasi siswa dengan mengadakan kegiatan mondok bergantian kemudian sekolah diniah, dengan adanya tambahan kegiatan mondok bergantian banyak perubahan pada siswa seperti awalnya jarang sholat seikarang rajin sholat lima waktu kegiatan tersebut dilaksanakan di pondok pesantren subulul huda. 2) faktor pendukung dan faktor penghambat guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai- nilai keagamaan pada siswa kelas IX MTs Silahul Muslimin di pengaruhi oleh faktor pendidik, peserta didik, serta lingkungan pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Ms Siti Khanifatin Masruroh
Date Deposited: 17 May 2023 03:38
Last Modified: 17 May 2023 03:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23557

Actions (login required)

View Item View Item