PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI KEISLAMAN BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII MTS

Alviah, Aminatun (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI KEISLAMAN BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII MTS. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
ALVIAH AMINATUN_ T20197073 .pdf

Download (3MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang tidak jauh berbeda dengan realita
kehidupan manusia sehari-hari, seperti melibatkan komunikasi, berpikir/menalar,
serta menemukan berbagai macam permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
Namun terkadang persoalan dalam kehidupan juga berbeda dengan pelajaran
matematika yang diberikan di sekolah. Dengan demikian, siswa merasa kesulitan
untuk menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kevalidan e-modul
terintegrasi keislaman berbasis video untuk meingkatkan kemampuan komunikasi
matematis siswa pada materi perbandingan kelas VII MTs. 2) untuk mengetahui
kepraktisan e-modul terintegrasi keislaman berbasis video untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi perbandingan kelas VII
MTs. 3) untuk mengetahui keefektifan e-modul terintegrasi keislaman berbasis
video untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi
perbandingan kelas VII MTs.
Penelitian ini merupakan penelitian Research And Development (R&D)
dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima
tahapan. Tahapan yang dimaksud meliputi Analysis, design, development,
implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, angket dan soal pre-test post-test. Subjek penelitian ini yaitu siswa
kelas VII MTs Al-Amien Ambulu Jember. Instrumen penelitian berupa angket
validasi untuk mengetahui kevalidan dari validator ahli materi, ahli agama, ahli
bahasa, dan ahli desain. Angket respon siswa digunakan untuk mengetahui data
kepraktisan. Sedangkan untuk mengetahui data keefektifan melalui pre-test dan
post-test. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perhitungan rata-rata dan
presentase serta menggolongkan hasil berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Kevalidan e-
modul terintegrasi keislaman berbasis video yang didapat semua validator ahli,
yaitu ahli materi, ahli agama, ahli bahasa, dan ahli desain. Adapun rincian masing-
masing skor yang diperoleh dari para ahli adalah ahli materi diperoleh skor 95%,
validator ahli agama diperoleh skor 80%, validator ahli bahasa diperoleh skor
80%, dan validator ahli desain diperoleh skor 85,71%. Maka rata-rata presentase
dari keempat validator sebesar 85% dengan kriteria “sangat valid”. 2) kepraktisan
pada penelitian ini terpenuhi karena e-modul terintegrasi keislaman berbasis video
pada materi perbandingan kelas VII MTs yang dikembangkan mendapatkan nilai
rata-rata 79,11% sehingga dapat disimpulkan “praktis”. 3) untuk keefektifan
dilihat dari hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen yaitu mendapatkan nilai
75,5% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul terintegrasi keislaman
berbasis video untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa
pada materi perbandingan kelas VII MTs dikatakan “efektif”.
Kata Kunci: E-modul, Terintegrasi Keislaman, Video, Komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: MTs Alviah Aminatun
Date Deposited: 17 May 2023 04:10
Last Modified: 17 May 2023 04:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23559

Actions (login required)

View Item View Item