Amelia Nur, Laili (2023) LEVEL PENALARAN PROPORSIONAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROPORSI DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS AL AMIEN AMBULU JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
Amelia Nur Laili_T20197059.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan yang harus dimiliki
siswa dalam belajar matematika. Dalam hal ini disandingkan dengan penalaran
proporsional yang nantinya disajikan dalam bentuk level yang ada pada penalaran
proporsional.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan level penalaran proporsional siswa kelas VII MTs. Al Amien Ambulu Jember dalam
menyelesaikan permasalahan proporsi pada siswa tingkat kemampuan koneksi
matematis tinggi. 2) Mendeskripsikan level penalaran proporsional siswa kelas
VII MTs. Al Amien Ambulu Jember dalam menyelesaikan permasalahan proporsi
pada siswa tingkat kemampuan koneksi matematis sedang. 3) Mendeskripsikan
level penalaran proporsional siswa kelas VII MTs. Al Amien Ambulu Jember dalam menyelesaikan permasalahan proporsi pada siswa tingkat kemampuan
koneksi matematis rendah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling,
dan subjek penelitian yakni siswa kelas VII-A MTs. Al Amien Ambulu Jember
yang diambil melalui tes level penalaran proporsional pada masing-masing
tingkatan kemampuan koneksi matematis siswa. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini yakni oleh Miles dan Huberman. Adapun pengumpulan data
yang digunakan pada penelitian ini yakni tes dan wawancara kemampuan koneksi
matematis, serta tes dan wawancara penalaran proporsional.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1) Penalaran proporsional siswa
kemampuan koneksi matematis tinggi pada level multiplikatif memenuhi ketiga
indikator penalaran proporsional, yakni memahami kovariasi, berpikir relatif, dan
mengetahui alasan konsep proporsional. 2) Penalaran proporsional siswa
kemampuan koneksi matematis tinggi pada level aditif, hanya mampu memenuhi
pada indikator memahami kovariasi. 3) Penalaran proporsional siswa kemampuan
koneksi matematis sedang pada level multiplikatif, mampu memenuhi ketiga
indikator penalaran proporsional, yakni memahami kovariasi, berpikir relatif, dan
mengetahui alasan konsep proporsional. 4) Penalaran proporsional siswa
kemampuan koneksi matematis sedang pada level kualitatif, hanya mampu
memenuhi pada indikator memahami kovariasi. 5) Penalaran proporsional siswa
kemampuan koneksi matematis rendah pada level aditif, hanya mampu pada
indikator memahami kovariasi namun kurang memenuhi aspek yang ada.
Kata kunci : Penalaran proporsional, masalah proporsi, kemampuan koneksi
matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010106 Lie Groups, Harmonic and Fourier Analysis 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010503 Mathematical Aspects of Classical Mechanics, Quantum Mechanics and Quantum Information Theory |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs Amelia Nur Laili |
Date Deposited: | 17 May 2023 04:06 |
Last Modified: | 17 May 2023 04:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23561 |
Actions (login required)
View Item |