RESISTENSI BAITUL MAL WATTAMWIL DALAM MENGHADAPI NON PERFORMING FINANCE (NPF) PADA PRODUK UGT MTA (MULTI GUNA TANPA AGUNAN) DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA BMT UGT SIDOGIRI CAPEM RAMBIPUJI

Kurzy, Mohammad Kholili (2023) RESISTENSI BAITUL MAL WATTAMWIL DALAM MENGHADAPI NON PERFORMING FINANCE (NPF) PADA PRODUK UGT MTA (MULTI GUNA TANPA AGUNAN) DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA BMT UGT SIDOGIRI CAPEM RAMBIPUJI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Mohammad Kholili Kurzy_E20171145.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Mohammad Kholili Kurzy, Ana Pratiwi, 2023 Resistensi Baitul Mal Wattamwil Dalam Menghadapi Non Performing Finance (NPF) Pada Produk UGT MTA (Multi Guna Tanpa Agunan) Di Masa Pandemi Covid 19 Pada BMT UGT Sidogiri Capem Rambipuji.
BMT UGT Sidogiri capem Rambipuji merupakan lembaga keuangan yang berbentuk koperasi. BMT sendiri mempunyai fungsi sebagai rumah pengembangan harta seperti investasi, melakukan usaha produktif guna meningkatkan ekonomi pengusaha mikro seperti kegiatan menabung dan penyaluran dana. Penyaluran dana di BMT Sidogiri capem Rambipuji bisa melalui berbagai produk pembiayaan seperti pembiayaan UGT MTA (multi guna tanpa agunan). Dalam pembiayaan selalu terdapat resiko kredit macet, terutama pembiayaan UGT MTA yang tidak menggunakan agunan. Untuk itu BMT harus mempunyai strategi supaya bisa bertahan menghadapi masalah kredit macet pada pembiayaan terutama di masa pandemi Covid 19.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana resistensi BMT Sidogiri Capem Rambipuji dalam menghadapi pembiayaan bermasalah pada produk ugt mta di masa pandemi Covid 19? 2) Apa saja kendala yang dialami BMT UGT Sidogiri Capem Rambipuji dalam menghadapi pembiayaan bermasalah pada produk ugt mta di masa pandemi Covid 19 ?
Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah: 1) Untuk mengetahui strategi yang digunakan BMT UGT Sidogiri capem Rambipuji dalam menghadapi pembiayaan bermasalah pada produk ugt mta pada masa pandemi Covid 19. 2) Untuk mengetahui kendala yang dialami BMT UGT Sidogiri capem Rambipuji dalam menghadapi pembiayaan bermasalah pada produk ugt mta pada masa pandemi Covid 19.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian subyek menggunakan tehnik purposive dan pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumnetasi, dan observasi. Selanjutnya untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Resistensi BMT untuk bertahan menghadapi kredit macet pada pembiayaan UGT MTA di masa pandemi covid 19 menggunakan bermacam strategi dan inovasi baru. Langkah online dinilai sangat membantu BMT beradaptasi dalam kondisi pandemi. 2) Kendala yang dialami BMT UGT Sidogiri capem Rambipuji ada dua yaitu kendala yang disebabkan oleh faktor internal dan kendala yang disebabkan oleh faktor eksternal. Kendala faktor internal yaitu terdapat sistem BMT yang dirasa memiliki potensi kerugian dan kurang maksimalnya jumlah karyawan yang bertugas. Sedangkan kendala faktor eksternal BMT yaitu pandemi covid sendiri yang membuat perekonomian serta usaha anggota menurun dan menyebabkan terjadinya macet pada pembayaran angsuran. Anggota yang gaptek juga menjadi kendala BMT untuk menghadapi kredit macet pada pembiayaan di masa pandemi Covid 19.

Kata Kunci: Resistensi BMT, NPF, Pembiayaan UGT MTA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Mohammad Kholili Kurzy
Date Deposited: 19 May 2023 01:35
Last Modified: 19 May 2023 01:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23573

Actions (login required)

View Item View Item