PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TABANAN BALI TAHUN AJARAN 2022/2023

Rahman, Alfina Aulia (2023) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TABANAN BALI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WATERMARK.pdf

Download (48MB)

Abstract

ABSTRAK
Alfina Aulia Rahman, 2023: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tabanan Bali Tahun Ajaran 2022/2023.

Kata kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Multikultural
Negara Indonesia memiliki semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Dengan adanya semboyan tersebut membuktikan bahwa adanya nilai-nilai multikultural yang terdapat di Indonesia, tidak hanya terkait dengan agama, suku, budaya dan ras, tetapi juga dalam bidang pendidikan. Pemahaman yang multikultural yakni menerima adanya bermacam-macam budaya yang memiliki nilai-nilai keindahan serta kemanuasiaan. Pembelajaran multikultural merupakan proses pengembangan seluruh potensi manusia yang menghargai pluralitas sebagai konsekuensi keberagaman budaya, etnis, suku, serta agama
Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana perencanaaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural di SMA Negeri 2 Tabanan; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural di SMA Negeri 2 Tabanan; 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural di SMA Negeri 2 Tabanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural di SMA Negeri 2 Tabanan, pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural di SMA Negeri 2 Tabanan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tabanan tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data dimulai dari tahap kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural meliputi : perancangan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan merumuskan tujuan agar siswa dapat meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan. 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural meliputi : a) Guru melaksanakan kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup, b) Materi berorientasi pada moderasi beragama. 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural melalui teknik tes dan non-tes untuk mengetahui sikap toleransi, kerukunan, tidak membeda-bedakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Alfina Aulia Rahman
Date Deposited: 19 May 2023 03:12
Last Modified: 19 May 2023 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23576

Actions (login required)

View Item View Item