IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN RANGKAH KIDUL SIDOARJO

Sari, Erna Nurvita (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN RANGKAH KIDUL SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Erna Nurvita Sari_T20194046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Erna Nurvita Sari, 2023: ‘‘Implementasi Model Pembelajaran Interaktif dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN Rangkah Kidul Sidoarjo Tahun 2022/ 2023’’
Kata Kunci: Model pembelajaran interaktif, Media Audio Visual, dan Mata Pelajaran IPAS
Implementasi model pembelajaran interaktif dengan media audio visual pada mata pelajaran IPAS, hal ini menarik karena implementasi tersebut pendidik pada saat pelaksanaan pembelajaran berbasis dengan adanya sebuah teknologi digital di dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran interaktif dengan media audio visual pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Rangkah Kidul Sidoarjo tahun pelajaran 2022/2023 2) Hambatan apa saja yang terjadi pada saat pelaksanaan pembelajaran interaktif dengan media audio visual pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Rangkah Kidul Sidoarjo tahun pelajaran 2022/202. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran interaktif dengan media audio visual pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Rangkah Kidul Sidoarjo tahun pelajaran 2022/2023 2) Untuk mendeskripsikan hambatan yang terjadi pada saat pelaksanaan pembelajaran interaktif dengan media audio visual pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN Rangkah Kidul Sidoarjo tahun pelajaran 2022/2023
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi non partisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran interaktif dengan media audio visual pada mata pelajaran IPS kelas IV sudah terlaksana dimulai dari: (1) Perencanaan yang disusun oleh pendidik yaitu menyiapkan perangkat pembelajaran, Menyiapkan LKPD dan mempersiapkan media yang akan digunakan. (2) Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan sintaks model pembelajaran interaktif dengan adanya persiapan, tahap pengetahuan awal, tahap eksplorasi, tahap pertanyaan anak, tahap penyelidikan, tahap pengetahuan akhir, dan refleksi. (3) Penilaian yang terdiri dari: (a) penilaian sikap menggunakan lembar observasi, (b) penilaian pengetahuan dilihat dari hasil penugasan, PTS dan PAS, serta (c) penilaian keterampilan dari kreatifitas peserta didik. Hambatan yang terjadi pada saat pelaksanaan model pembelajaran interaktif terdapat beberapa faktor yaitu: (a) Faktor pendidik, kurangnya waktu untuk membuat sebuah PPT yang menarik. Dengan hal ini cara mengatasinya yaitu pendidik membuatnya dengan mempersiapkan jauh-jauh hari. (b) Peserta didik, slide yang ditampilkan terlalu cepat sehingga peserta didik sulit untuk merangkum materi pada buku tugasnya. Dengan hal ini cara mengatasinya yaitu peserta didik hanya perlu mencatat sebuah point terpentingnya. (c) Sarana dan prasarana, fasilitas di dalam kelas kurang sebagai penunjang media yang akan digunakan. Dengan hal ini cara mengatasinya yaitu sekolah memberikan sebuah fasilitas di dalam kelas secara lengkap sebagai penunjang media yang akan dipakai pendidik. (d) Alokasi waktu, dengan kurangnya sebuah fasilitas di dalam kelas membuat pendidik ketika melaksanakan dengan media harus mempersiapkan alat terlebih dahulu, dengan mempersiapkan alat yang diperlukan akan memotong waktu pelajaran. Dengan hal ini cara mengatasinya yaitu sekolah memfasilitasi dan mempersiapkan alat elektronik yang digunakan di dalam kelas. Peserta didik memiliki kemampuan yang cukup khususnya pada mata pelajaran IPS hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik selama menggunakan model pembelajaran interaktif dengan media audio visual serta keaktifan peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Erna Nurvita
Date Deposited: 19 May 2023 01:32
Last Modified: 19 May 2023 01:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23578

Actions (login required)

View Item View Item