PELAKSANAAN PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN BONDOWOSO PERSPEKTIF PERATURAN DAERAH NOMOR 8 TAHUN 2020 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH

Aprisa, Elmi (2023) PELAKSANAAN PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN BONDOWOSO PERSPEKTIF PERATURAN DAERAH NOMOR 8 TAHUN 2020 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ELMI APRISA_S20193114_SKRIPSI FINAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pengelolaan sampah di Kabupaten Bondowoso sampai saat ini masih memiliki beberapa hambatan, seperti minimnya sarana prasarana, pendanaan, dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan persampahan khususnya sampah rumah tangga. Berdasarkan volume produksi sampah yang dihasilkan terus meningkat serta sampah tidak dikelola sesuai standar maka hal tersebut berpengaruh pada timbunan sampah di TPS maupun TPA yang melebihi kapasitas. Oleh karena itu berhubungan dengan pengelolaan sampah di Kabupaten Bondowoso telah ada pengaturan yang mengaturnya yakni Peraturan Daerah Kabupaten Bondowoso Nomor 3 Tahun 2011, akan tetapi peraturan tersebut belum mengimplementasikan sebagaimana yang dimaksud oleh Undang-Undang. Alhasil Peraturan tersebut dicabut kemudian digantikan oleh Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah guna mengimplementasi tujuan dalam pengelolaan sampah. Peraturan Daerah merupakan suatu landasan hukum yang bersifat operasional dalam pengelolaan sampah sehingga pelaksanaan pengelolaan sampah di Kabupaten Bondowoso harus sesuai dengan regulasi yang berlaku agar terwujud lingkungan hidup yang bersih dan sehat.
Dengan demikan, skripsi ini mengangkat fokus penelitian 1) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan sampah di Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana implementasi pengelolaan sampah di Kabupaten Bondowoso perspektif Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2020 tentang pengelolaan sampah?
Penulisan karya ilmiah ini merupakan hasil penelitian yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif, yang mana obyek penelitiannya ialah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang terdiri dari data sekunder ditinjau dari Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Sampah, dan data primer ialah wawancara.
Hasil penelitian skripsi adalah 1) Bahwa proses pelaksanaan pengelolaan sampah yang rutin dilakukan di Kabupaten Bondowoso meliputi pengumpulan sampah dari sumber seperti kawasan perumahan warga, perkantoran, pasar, dan lain-lain. Setelah itu dilakukan pengangkutan sampah dari sumber diangkut ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang mana, kemudian dari TPS diangkut lagi ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menggunakan armada pengangkut sampah yang telah disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bondowoso 2) Bahwa pelaksanaan pengelolaan sampah di Kabupaten Bondowoso telah sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2020 tentang pengelolaan sampah, regulasi tersebut telah dijalankan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bondowoso, akan tetapi terdapat beberapa poin yang belum dilakukan secara teratur dan terjadwal, sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan sampah.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Pengelolaan Sampah, Peraturan Daerah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180111 Environmental and Natural Resources Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Elmi Apris elmiaprs aprisa
Date Deposited: 19 May 2023 01:23
Last Modified: 19 May 2023 01:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23581

Actions (login required)

View Item View Item