Penerapan Model Pembelajaran React Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPS Kelas V MI Al-Azhar Ajung Tahun Pelajaran 2022/2023

Afiq fathurrahman, Afiq fathurrahman (2023) Penerapan Model Pembelajaran React Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPS Kelas V MI Al-Azhar Ajung Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islan Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AFIQ T20184118 WTM.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya aktivitas & hasil belajar siswa di kelas V MI Al-Azhar Ajung Jember sebagaimana dari hasil observasi awal adalah dalam materi kegiatan IPS yang membosankan karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru tergolong monoton dan tidak efektif. Model pembelajaran REACT merupakan suatu pembelajaran kontekstual, artinya memungkinkan peserta didik untuk belajar dengan baik melalui kegiatan Relating, Experiencing,Applying, Co operating, Transferring. React merupakan pembelajaran konteks yang di dasarkan bagaimana peserta didik belajar untuk mendapatkan suatu pemahaman dan bagaimana guru mengajarkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa.
Fokus penelitian ini adalah :1.) bagaimana penerapan model pembelajaran REACT dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi IPS kelas V MI Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?, 2.) bagaimana penerapan model pembelajaran REACT dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IpS kelas V MI Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah:1.) mengetahui penerapan model pembelajaran REACT dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi IPS kelas V MI Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2.) mengetahui penerapan model pembelajaran REACT dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IpS kelas V MI Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan saintifik dengan jenis penelitan tindakan kelas(PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu, observasi, wawancara, dan studi Dokumenter. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskripti kualitatif model interaktif milik miles, huberman, dan saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Instrument penelitian menggunakan tes berupa 5 pertanyaan.
Hasil penelitian: 1.) aktivitas siswa pada siklus I mencapai (53.12%), meningkat pada siklus Ii menjadi (84,37%).dikarenakan siswa yang kurang aktif dan kurang fokus dalam proses pembelajaran serta banyak siswa yang kurang bertanya 2.) hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ( 30,7%) meningkat pada siklus II mencapai ( 61,5%). Jadi dapat dikatakan terjadi peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Dikarenakan siswa sudah mulai aktif dan fokus pada saat pembelajaran serta banyak siswa yang mulai bertanya tentang materi yang diberikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Depositing User: Mr Afiq Fathurrahman
Date Deposited: 19 May 2023 01:55
Last Modified: 19 May 2023 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23586

Actions (login required)

View Item View Item