Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Aspek Sosial Religius pada Remaja di Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang Tahun 2021.

Nasihatul, Mila (2021) Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Aspek Sosial Religius pada Remaja di Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang Tahun 2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nasihatul Mila_T20179050.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: peran orang tua, aspek sosial religius, remaja Peran keluarga terutama orang tua bagi perkembangan anak tentu sangat penting, terlebih lagi ketika anak sudah menginjak usia remaja, yang di mana anak akan mengalami masa transisi dalam hidupnya, masa di mana ia harus membentuk karakter dalam dirinya sebagai seseorang nantinya. Orang tua sebagai orang terdekat harus mengambil peran penting dalam mengikuti masa perkembangan sang anak agar nantinya ia dapat tumbuh dan berkembang sebagai seseorang yang taat akan norma agama maupun norma yang ada di masyarakat. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran orang tua sebagai panutan dalam mengembangkan aspek sosial religius remaja di Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang tahun 2021? 2) Bagaimana peran orang tua sebagai motivator dalam mengembangkan aspek sosial religius remaja? 3) Bagaimana peran orang tua sebagai fasilitator dalam mengembangkan aspek sosial religius remaja?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran orang tua sebagai panutan dalam mengembangkan aspek sosial religius remaja di Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang tahun 2021. 2) Mendeskripsikan peran orang tua sebagai motivator dalam mengembangkan aspek sosial religius remaja. 3) Mendeskripsikan peran orang tua sebagai fasilitator dalam mengembangkan aspek sosial religius remaja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) peran orang tua sebagai panutan dalam mengembangkan aspek sosial religius remaja Desa Bades dapat dilakukan dengan pembiasaan berperilaku baik dan memberikan contoh kepada anak, seperti: membantu tetangga dan saudara ketika mereka butuh bantuan, dan sebagainya. Selain itu, orang tua mengajarkan bersikap religius dan taat kepada Allah, seperti: sholat berjama’ah di mushollah, dan sebagainya; 2) peran orang tua sebagai fasilitator dilakukan dengan orang tua memasukkan anak ke pondok pesantren dan madrasah, dan sebagainya. Dalam aspek sosial, orang tua memfasilitasi anak dalam hal berbagi kepada sesama, seperti: berbagi dengan teman ketika mempunyai banyak makanan, dan sebagainya; 3) peran orang tua sebagai motivator dilakukan dengan orang tua melakukan kegiatan-kegiatan positif yang memicu anak untuk melakukan hal yang sama, seperti: mengikuti kegiatan rutinan organisasi masyarakat islam dan sebagainya, senantiasa menyemangati dan mendukung anak dalam segala hal, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 19 May 2023 01:51
Last Modified: 19 May 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23591

Actions (login required)

View Item View Item