Peran Guru Agama Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Peserta Didik Melalui Kegiatan Baca Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Jember.

Afandi, Nasyeh Ulwansyah (2020) Peran Guru Agama Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Peserta Didik Melalui Kegiatan Baca Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nasyeh Ulwansyah Afandi_T20151181.pdf

Download (5MB)

Abstract

Memasuki era globalisasi persaingan semakin ketat sehingga secara tidak langsung suatu bangsa dituntut untuk mempunyai peserta didik yang berkualitas dan bisa berdaya saing. Salah satu wadah untuk mencetak peserta didik yang berkualitas dan berdaya saing yakni melalui pendidikan. Kegiatan keagamaan merupakan kegiatan yang amat penting dalam meningkatkan kualiatas pendidikan khususnya kecerdasan emosional dan spiritual, mengingat masih banyak peserta didik yang membutuhkan bimbingan seorang guru dalam mengembangkan potensinya di bidang kecerdasan Emosional dan Spiritual. sehingga Guru PAI sekolah menengah pertama 2 jember sendiri memeberikan wadah dan juga pendampingan untuk peserta didik dalam mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual . Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) bagaimana peran guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik melalui kegiatan baca Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Jember (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik melalui kegiatan baca Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Jember. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peran guru agama dalam mengembangakan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik melalui kegiatan baca Al-qur’an di SMP Negeri 2 Jember. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik melalui kegiatan baca Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) peran guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik melalui kegiatan baca Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Jember yakni Guru sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar karena dengan adanya guru mampu merubah peserta didik yang semula tidak mengerti ilmu pengetahuan menjadi mengerti. Seperti halnya guru yang mendidik peserta didiknya bagaimana cara mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual melalui kegiatan baca AlQur’an tidaklah mudah, tetapi dengan kegigihan guru tidak menutup kemungkinan itu dapat tercapai. (2). faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik melalui kegiatan baca Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Jember yakni Tersedianya fasilitas yang mempermudah kegiatan pembelajaran PAI, keinginan peserta didik untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, lebih mengedepankan pelajaran umum, meremehkan pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 19 May 2023 01:54
Last Modified: 19 May 2023 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23592

Actions (login required)

View Item View Item