Implementasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Di SD Hidayatul Murid Full Day Ampel Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Af'idah, Nita Nur (2020) Implementasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Di SD Hidayatul Murid Full Day Ampel Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nilta Nur Af’idah_T20164053.pdf

Download (59MB)

Abstract

Kata kunci: implementasi, pembelajaran, multiple intelligences Pembelajaran multiple intelligences adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan memperhatikan dan mengembangkan 9 macam kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik. Pembelajaran multiple intelligences yang diimplementasikan di SD Hidayatul Murid Full Day didukung dengan beberapa hal yang menjadi keunikan tersendiri sehingga menarik untuk diteliti yaitu, didukung dengan program Full Day atau sekolah sehari penuh dan memiliki desain kelas semi outdoor. Selain itu, dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis multiple intelligences peserta didik di SD Hidayatul Murid Full Day juga telah menjuarai beberapa lomba sesuai kecerdasan atau bakat yang dimiliki. Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis multiple intelligences di SD Hidayatul Murid Full Day Ampel Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis multiple intelligences di SD Hidayatul Murid Full Day Ampel Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran berbasis multiple intelligences di SD Hidayatul Murid Full Day Ampel Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berbasis multiple intelligences di SD Hidayatul Murid Full Day Ampel Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa wawasan mengenai teori multiple intelligences dan implementasinya pada aktivitas pembelajaran berbasis multiple intelligences. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitan dipilih dengan cara purposive sumpling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberlman, dan Saldana dan untuk mengetahui keabsahan data dilakukan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses perencanaan pembelajaran berupa mengetahui kecerdasan atau bakat peserta didik serta menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran 2) proses pelaksanaan diawali dengan kegiatan alpha zone, kemudian scene setting/warmer, dan aktivitas 3) evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian autentik. Jadi, penelitian ini mengeksplorasi pembelajaran berbasis multiple intelligences mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang diimplementasikan oleh SD Hidayatul Murid Full Day

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 19 May 2023 03:11
Last Modified: 19 May 2023 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23601

Actions (login required)

View Item View Item