Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Kalisat.

Azizah, Nur (2021) Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Kalisat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Azizah_T20171126.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan Profetik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pendidikan di Indonesia cenderung lebih menekankan pada aspek kognitif dan psikomotorik sehingga kurang dalam implementasi aspek afektif. Apalagi di lembaga pendidikan umum yang minim dalam masalah pendidikan akhlak, dikarenakan pembelajaran pendidikan Agama Islam hanya 3 jam saja dalam satu minggu. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya penanaman pendidikan akhlak sehingga terjadi krisis identitas seperti lunturnya sikap kejujuran, kesopanan, yang memunculkan berbagai masalah seperti kenakalan remaja, kurangnya sikap hormat kepada guru dan orang tua, bullying dan lain sebagaimya. Berangkat dari keprihatinan penulis terhadap krisis moral yang terjadi maka perlu adanya pendidikan akhlak atau pendidikan profetik untuk mendukung dan menunjang dari pendidikan Agama Islam. pendidikan profetik adalah pendidikan kenabian yang berlandaskan ajaran Nabi Muhammad SAW dimana Nabi Muhammad adalah pendidik yang paling berhasil dalam misinya dan menjadi suri tauladan bagi sekalian alam. Di SMP Negeri 1 Kalisat ada upaya dalam menumbuhkembangkan pendidikan keagamaan Islam terhadap peserta didiknya sesuai yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Fokus penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) Bagaimana Implementasi Pendidikan Profetik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat?. (2) Bagaimana Evaluasi Pendidikan Profetik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Profetik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat. (2) Mendeskripsikan Evaluasi Pendidikan Profetik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif model Miles dan Huberman dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan profetik dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam tidak terlepas dari peran penting seorang guru dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, penanaman kedisiplinan, tanya jawab, diskusi, dan praktik, (2) Evaluasi pendidikan profetik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya mengukur dan menilai pemahaman, kemampuan dan keterampilan tetapi juga mengukur dan menilai sikap dari peserta didik. Dalam menilai dan mengukur pengetahuan, sikap dan keterampilan guru menggunakan cara tes dan non tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 19 May 2023 06:44
Last Modified: 19 May 2023 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23612

Actions (login required)

View Item View Item