Akad Ijarah Terhadap Penggunaan PayPal dalam Perspektif Fatwa MUI Nomor 116/DSN-MUI/IX/2017 Tentang Uang Elektronik Syariah.

Sofiana, Nur (2021) Akad Ijarah Terhadap Penggunaan PayPal dalam Perspektif Fatwa MUI Nomor 116/DSN-MUI/IX/2017 Tentang Uang Elektronik Syariah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Sofiana_S20172091.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci : Akad Ijarah, PayPal, Uang Elektronik Syariah, Fatwa MUI Tentang Uang Elektronik Syariah. PayPal merupakan layanan online yang difungsikan untuk memudahkan setiap orang dalam membayar dan dibayar secara online baik di dalam Negeri maupun di luar Negeri. PayPal menyediakan berbagai jasa seperti pembayaran, penerimaan dana, penarikan dana, maupun pengembalian dana. Pada penarikan dana dan pengembalian dana pada PayPal, terdapat fee yang harus ditanggung oleh pengguna. Pengenaan fee tersebut dapat dikaitkan dengan akad Ijarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian biaya pada PayPal dengan Uang Elektronik Syariah yang terdapat pada Fatwa DSN MUI Nomor 116/DSN-MUI/IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana praktik transaksi penggunaan pembayaran PayPal? 2) Bagaimana akad ijarah terhadap penggunaan PayPal dalam perspektif Fatwa MUI No.116/DSN-MUI/IX/2017 Tentang Uang Elektronik Syariah?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan praktik penggunaan PayPal. 2) Untuk menganalisis akad ijarah terhadap penggunaan PayPal dalam perspektif Fatwa MUI No.116/DSN-MUI/IX/2017 Tentang Uang Elektronik Syariah. Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis normatif yang artinya meniliti bahan kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi yaitu dengan menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku-buku, majalah, dokumen, peraturan-peraturan. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Peneliti menguji dan memastikan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. PayPal berfungsi untuk memudahkan setiap orang dalam melakukan transaksi online. Transaksi yang dapat dilakukan pada PayPal, yaitu mulai dari pembayaran transaksi, penerimaan dana, penarikan dana, maupun pengembalian dana. Pada transaksi PayPal, terdapat fee yang ditanggung oleh pengguna sebagai upah dari manfaat yang telah diberikan oleh PayPal. Adapun syarat dari akad Ijarah yaitu, fee (upah) harus berupa biaya riil dan diketahui secara jelas oleh pengguna. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Praktik penggunanaan transaksi menggunakan aplikasi PayPal, yang dimulai dari pendaftaran atau membuat akun terlebih dahulu, yang harus diaktivasi melalui konfirmasi e-mail. Kemudian setelah mempunyai akun PayPal, maka harus melakukan verifikasi Kartu Kredit atau Debit (yang bekerjasama dengan Master Card atau Visa). Selanjutnya melakukan top up saldo PayPal melalui Kartu Kredit, maupun membeli dari pihak ketiga. Setelah melakukan verifikasi kartu kredit dan top up saldo, barulah akun PayPal bisa digunakan dalam berbagai transaksi online serta, 2) Akad Ijarah terkait biaya yang ditanggung oleh pengguna PayPal sesuai dengan Fatwa MUI Nomor 116/DSN-MUI/IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 19 May 2023 10:03
Last Modified: 19 May 2023 10:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23627

Actions (login required)

View Item View Item