Analisis Perhitungan Angsuran Kreadit Fidusia (Kreasi) Di PT Pegadaian Cabang Jenggawah Jember.

Waroh, Nurul Badriyatul (2021) Analisis Perhitungan Angsuran Kreadit Fidusia (Kreasi) Di PT Pegadaian Cabang Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Badriyatul Waroh_E20151158.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kredit Angsuran Sistem Fidusia (KREASI) merupakan salah satu usaha diversifikasi Perum Pegadaian yang diharapkan menjadi salah satu produk andalan dalam penyaluran kredit atas fidusia yang menjadi penopang bagi kelangsungan perusahaan. Kredit Angsuran Sistem Fidusia (KREASI) ini juga memiliki berbagai keunggulan dibandingkan produk kredit lainnya yaitu pinjaman yang ditawarkan dapat mencapai 70% dari harga pasar dengan sewa modal yang relatif murah hanya 1% perbulan flat dan jangka waktu yang fleksibel antara 12 bulan sampai 36 bulan. Adapun permasalah dipenelitian ini adalah Bagaimana perhitungan Angsuran Kredit fidusia (Kreasi) di PT Pegadaian Cabang Jenggawah Jember.Bagaimana mekanisme atau prosedur pelaksanaan pemberian kredit angsuran fidusia (Kreasi) di PT Pegadaian Cabang Jenggawah Jember. Tujuan penelitian antara lain untuk mengetahui perhitungan angsuran kredit angsuran fidusia (Kreasi) di PT Pegadaian Cabang Jenggawah Jember.Untuk mengetahui mekanisme atau prosedur pelaksanaan pemberian kredit angsuran fidusia (Kreasi) di PT Pegadaian Cabang Jenggawah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian Jl. kawi No.67, jenggawah, jember, Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, kemudian pendekatan penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, primer hasil observasi, dan wawancara kepada reponden, yakni pimpinan dan kasir. Sekunder : buku-buku,artikel, dokumentasi, metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif dan di uji keabsahannya dengan trigulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa PT Pegadaian Cabang Jenggawah Jember menggunakan metode flat rate dalam cara perhitungannya yang mana Perhitungan Angsuran pada kreasi ini yang mana perhitungan ini jumlah bunga kredit yang dikenakan debitur tetap, meskipun jumlah pokok kredit menurun karena sudah di angsur setiap bulan oleh debitur. metode flat rate yang pembayarannya tetap dan tidak berkurang meskipun pokok kredit menurun. Kata kunci : Perhitungan Angsuran, Kredit , dan Kredit Angsuran Sistem Fidusia (KREASI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 19 May 2023 10:02
Last Modified: 19 May 2023 10:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23635

Actions (login required)

View Item View Item