Strategi Komunikasi Dakwah Penyuluh Agama Islam Dalam Pembinaan Keluarga Sakinah (Studi kasus di Kampung Sakinah Kabupaten Jember)

Hidayat, Nurul Laila (2020) Strategi Komunikasi Dakwah Penyuluh Agama Islam Dalam Pembinaan Keluarga Sakinah (Studi kasus di Kampung Sakinah Kabupaten Jember). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Laila Hidayat_0829117009.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Dakwah, Penyuluh Agama Islam, Pembinaan Keluarga Sakinah. Penyuluh Agama Islam mempunyai peran penting dalam melaksanakan bimbingan agama Islam di tengah pesatnya dinamika perkembangan masyarakat Indonesia. Penyuluh Agama Islam merupakan sesorang yang diberi tugas dan tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh dibawah naungan Kementerian Agama untuk melaksanakan bimbingan atau penyuluh agama dan pembangunan kepada masyarakat melalui bahasa Agama. Adapun fokus penelitian ini yakni (1) Bagaimana Strategi komunikasi dakwah Penyuluh Agama Islam dalam pembinaan keluarga sakinah di Kampung Sakinah Kabupaten Jember ?(2) Bagaimana respon masyarakat Kampung Sakinah terhadap dakwah Penyuluh Agama Islam dalam pembinaan Keluarga Sakinah? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah :(1). Mendeskripsikan Strategi komunikasi dakwah Penyuluh Agama Islam dalam pembinaan keluarga sakinah di Kampung Sakinah Kabupaten Jember.(2) Mendeskripsikan respon masyarakat Kampung Sakinah terhadap dakwah Penyuluh Agama Islam dalam pembinaan Keluarga Sakinah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang semuanya untuk menjawab permasalahan tentang Model komunikasi dakwah penyuluh agama Islam di kampung Sakinah Kabupaten Jember. Adapun informan penelitian ini adalah Kepala KUA Kecamatan Tanggul, Penyuluh Agama Islam Fungsional, Penyuluh Agama Islam Honorer, Para pemangku kepentingan (stakeholders), dan masyarakat Kampung Sakinah Tanggul Kulon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Adapun hasil penelitian ini Strategi Komunikasi Dakwah Penyuluh Agama Islam dalam Pembinaan Keluarga Sakinah antara lain : Mengumpulkan data dasar dan perkiraan kebutuhan. Merencanakan Strategi Komunikasi dakwah meliputi Perumusan Program, Menfokuskan dakwah kalangan bapak dan ibu Kampung Sakinah, Berdakwah dengan bil hikmah dan Mauidzah hasanah dan Komunikasi persuasif, Melakukan pendekatan partisipatif dalam berbagai kegiatan. Memanfaatkan media online . Membentuk hubungan komunikasi dengan berbagai Pihak dan Melaksanakan penyuluhan dalam pembinaan keluarga Sakinah.. Sedangkan Respon masyarakat Kampung Sakinah terhadap dakwah Penyuluh Agama Islam dalam pembinaan keluarga sakinah dapat dibedakan menjadi Respon baik dan respon kurang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 02:39
Last Modified: 22 May 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23653

Actions (login required)

View Item View Item