Relasi Gender Perempuan Pekerja di PT. Temprina Media Grafika / Jawa Pos Kabupaten Jember dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga.

Wikanthi, Prasetyaning Wuri (2020) Relasi Gender Perempuan Pekerja di PT. Temprina Media Grafika / Jawa Pos Kabupaten Jember dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Prasetyaning Wuri Wikanthi_D20162025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Relasi gender, Peran Perempuan, Kesejahteraan Relasi gender yang seimbang akan menjadikan keluarga harmonis serta tercapainya kesejahteraan. Tidak seimbangnya relasi gender dalam keluarga menjadikan timbulnya ketimpangan yang berujung pada ketidakharmonisan keluarga, serta memberikan dampak buruk terhadap pengasuhan anak. Maka diperlukannya relasi yang seimbang guna mensejahterakan keluarga. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaiman Relasi Gender perempuan pekerja di PT. Temprina Media Grafika/ Jawa Pos Kabupaten Jember dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga ? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui relasi gender perempuan pekerja di PT. Temprina Media Grafika/ Jawa Pos Kabupaten Jember dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. serta teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa relasi gender yang ideal dan berjalan sesuai dengan peran dan tanggung jawab akan melahirkan keharmonisan dalam keluarga. Pola relasi gender yang harmonis harus dilakukan dengan merencanakan dan melaksanakan manajemen sumberdaya keluarga, sehingga anggota keluarga mempunyai pembagian peran dalam berbagai aktivitas (domestik, publik, dan sosial). Namun, ketika relasi gender tidak ideal akan memberikan dampak buruk bagi suami-istri, anak dan anggota keluarga yang lain dan akan berujung kepada perceraian. Hal ini merujuk pada pemberdayaan masyarakat yang tujuannya yaitu menjadikan masyarakat berdaya dengan menjadikan relasi gender dalam keluarga menjadi ideal maka keluarga tersebut akan mencapai kesejahteraan, sebab kesejahteraan keluarga merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 02:39
Last Modified: 22 May 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23656

Actions (login required)

View Item View Item