Penerapan Teknik Self Managament untuk Menangani Anak yang Kecanduan Game Online di Desa Penanggal, Dusun Sumbesari Rt.01, Rw.06, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Luamajang.

Sholehah, Putri Amilatus (2021) Penerapan Teknik Self Managament untuk Menangani Anak yang Kecanduan Game Online di Desa Penanggal, Dusun Sumbesari Rt.01, Rw.06, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Luamajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Amilatus Sholehah_D20173039.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Teknik melf management, kecanduan game online Penelitian ini dilatarbelakangi terjadinya fenomena kecanduan game online yang dialami anak di bawah umur yang dampaknya mengakibatkan perilaku negatif diantaranya anak sulit mengontrol waktu, sulit bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan menurunya aspek akademik akibat terlalu sering memainkan game online. Adapun konteks pembahasan yang meliputi (1) bagaimana penerapan teknik self management untuk menangani yang kecanduan game online (2) faktor penghambat dan pendukung penerapan teknik self management untuk menagani anak yang kecanduan game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan teknik self management yang digunakan untuk menangani anak yang kecanduan game online di Desa Penanggal, Dusun Sumbersari Rt.01, Rw.06, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Desa Penanggal, Dusun Sumbersari Rt.01, Rw.06, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang dan pendekatan yang digunakan dalam metode ini menggunakan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Teknik self management ini dapat digunakan untuk menangani anak yang kecanduan game online ditandai dengan perilaku anak yang menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar, dapat mengontrol waktu dengan baik, serta dapat lebih memahami dirinya sendiri. Teknik self management ini terdiri dari beberapa tahapan antara lain yaitu: (1) tahap monitor diri atau yang biasa disebut dengan suatu kegiatan individu yang mengontrol dirinya sendiri menggunakan cacatan atau jadwal yang terstruktur untuk melihat perkembangan, (2) evaluasi diri yaitu suatu tahapan yang digunakan untuk melihat hasil atau perkembangan yang telah dilaksanankan serta membandingkan, (3) tahap pemberian penguatan merupakan tahap yang mengharuskan individu untuk memberi motivasi kepada dirinya sendiri agar teknik tersebut berjalan dengan semestinya. Adapun beberapa kendala atau hambatan yang dialami setelah diterapkannya teknik self management tersebut antara lain:pertama kurangnya motivasi. Kedua rasa malas, ketiga lingkungan sekitar, keempat waktu, kesulitan dalam mengontrol waktu juga merupakan penghambat terlaksananya penerapan teknik self management tersebut. Selain hambatan ada juga kelebihan atau pendukung terlaksananya teknik self management tersebut yaitu teknik ini dapat digunakan sesorang untuk mengontrol perilakunya serta membuat seseorang tidak ketergantungan kepada orang lain, teknik ini merupakan teknik yang praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 02:39
Last Modified: 22 May 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23658

Actions (login required)

View Item View Item