Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 Siswa Kelas 1 SD Darussalam Karangdoro Tahun Pelajaran 2020/2021

Qur'ani, Qorinil (2021) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 Siswa Kelas 1 SD Darussalam Karangdoro Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qorinil Qur’ani_T20174096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Tingkat pendidikan orang tua, hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring Latar belakang tingkat pendidikan orang tua sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa, terutama pada pembelajaran daring saat ini. Peran orang tua dalam membimbing dan mendidik anak-anaknya dalam pembelajaran daring sedikit banyak akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penguasaan teknologi dalam pembelajaran daring sangat dibutuhkan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana tingkat pendidikan dasar orang tua siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro terhadap rata-rata hasil belajar siswa? 2) Bagaimana tingkat pendidikan menengah orang tua siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro terhadap rata-rata hasil belajar siswa? 3)Bagaimana tingkat pendidikan tinggi orang tua siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro terhadap rata-rata hasil belajar siswa? 4)Adakah pengaruh pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring di era pandemi covid 19 siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro tahun pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dasar, menengah dan tinggi orang tua siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro terhadap rata-rata hasil belajar siswa dan pengaruh pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring di era pandemi covid 19 pada siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan statistik One Way Anava dengan menggunakan taraf signifikansi level sebesar Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Tingkat Pendidikan dasar orang tua siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro dari 24 responden bepengaruh terhadap rata-rata hasil belajar siswa sebesar 46,17 masuk kategori cukup tinggi 2) Tingkat Pendidikan dasar orang tua siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro dari 19 responden bepengaruh terhadap rata-rata hasil belajar siswa sebesar 54,79 masuk kategori cukup tinggi. 3) Tingkat Pendidikan dasar orang tua siswa kelas 1 SD Darussalam Karangdoro dari 19 responden bepengaruh terhadap rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63,32 masuk kategori tinggi 4) Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis dengan uji statistic anova, diperoleh nilai P Value = 0.000, dengan demikian taraf nyata =0.05 kita menolak Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan orang tua berpengaruh pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 02:38
Last Modified: 22 May 2023 02:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23665

Actions (login required)

View Item View Item