Upaya Pengembangan Lingkungan Pendidikan yang Religius di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama di Desa Kedayunan Kabat-Banyuwangi.

Anam, Rhiska Nurainin (2021) Upaya Pengembangan Lingkungan Pendidikan yang Religius di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama di Desa Kedayunan Kabat-Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rhiska Nurainin Anam_T20161010.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci: kegiatan asrama, lingkungan Pendidikan religius. Menuntut Ilmu hukumnya wajib bagi setiap manusia yang dimulai sejak ia dilahirkan hingga ke liang lahat. Oleh karena itu, setiap manusia wajib untuk belajar baik melalui jalur pendidikan formal, informal, maupun non formal, karena dengan belajar merupakan kunci untuk memperoleh Ilmu Pengetahuan. Sebagaimana upaya pengembangan lingkungan pendidikan yang religius di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama ini pastinya akan menghasilkan dampak yang sangat positif baik bagi siswa-siswi di masa mendatang. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan program kegiatan Asrama dalam upaya mengembangkan lingkungan pendidikan yang religius di SMK NU di Desa Kedayunan KabatBanyuwangi? (2) Bagaimana perencanaan pelaksanan program kegiatan asrama dalam upaya mengembangkan lingkungan pendidikan religius di SMK NU di Desa Kedayunan Kabat-Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program kegiatan asrama dalam upaya mengembangkan lingkungan pendidikan yang religius di SMK NU di Desa Kedayunan Kabat-Banyuwangi. (2) Untuk mendeskripsikan perencanaan program kegiatan asrama dalam upaya mengembangkan lingkungan pendidikan religius di SMK NU di Desa Kedayunan Kabat-Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dan jenis penelitian adalah field research penelitian lapangan. teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis sebelum di lapangan, kemudian menggunakan analisis data dari Milles, Huberman, dan Saldana dengan langkah-langkah diantaranya kondensasi, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini yaitu 1. Dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut dapat berjalan dengan maksimal dari kinerja yang baik dan kekompakan antara masingmasing pengurus asrama, dan pemberian sanksi kepada santri yang melanggar. Peran Ustad dan Ustadzahnya yang berkompeten dibidangnya dan berpendidikan sarjana, karena dengan latar belakang pendidikan tinggi pasti akan membantu dalam proses pembelajaran dan metode pembelajarannya. Sekaligus peran aktif dari Kiai dan keluarga Kiai pendiri SMK NU ini serta adanya dukungan dari warga masyarakat sekitar. 2. Dalam perencanaan kegiatan asrama dalam meningkatkan lingkungan yang religius yaitu dengan adanya : a. Kegiatan harian b. Kegiatan mingguan c. Kegiatan bulanan d. kegiatan tahunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 02:38
Last Modified: 22 May 2023 02:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23671

Actions (login required)

View Item View Item