Metode Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak kelompok A Raudlatul Athfal Al-Moqorrobin Kalisat -Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Munawaroh, Rif'atul (2020) Metode Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak kelompok A Raudlatul Athfal Al-Moqorrobin Kalisat -Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rif’atul Munawaroh_T20165083.pdf

Download (4MB)

Abstract

PAUD seharusnya berperan untuk mengembangkan beragam kebutuhan anak didik dalam proses peningkatan bahasa. Tetapi pada kenyataannya tidak sesederhana dengan apa yang tertuang dalam berbagai teori. Hal ini dikarenakan bahasa mempunyai beberapa komponen, antara lain kosakata, pengucapan, dan pemaknaan, yang tidak mudah diserap oleh anak-anak. Fokus dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana pengembangan kemampuan berbicara anak dengan metode bernyanyi pada kelompok A RA AlMuqorrobin tahun ajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pengembangan kemampuan berbicara dengan metode tanya jawab pada kelompok A RA Al-Muqorrobin tahun pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana pengembangan kemampuan berbicara anak dengan metode bercerita pada kelompok A RA Al-Muqorrobin 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pengembangan kemampuan berbicara anak menggunakan metode bernyanyi pada anak kelompok A RA. Al-Muqorrobin Kalisat tahun pelajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan pengembangan kemampuan berbicara anak dengan menggunakan metode tanya jawab pada kelompok A RA. Al-Muqorrobin Kalisat tahun pelajaran 2019/2020. 3) Mendeskripsikan pengembangan kemampuan berbicara anak dengan menggunakan metode bercerita pada kelompok A RA. Al-Muqorrobin Kalisat tahun pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : 1) Pengembangan kemampuan berbicara anak pada kelompok A dengan metode bernyanyi dilakukan dengan cara kegiatan pembiasaan awal dan media-media yang dapat menunjang minat anak dalam berbicara. 2) Pengembangan kemampuan berbicara anak pada kelompok A dengan metode tanya jawab dilakukan dengan cara guru merangsang anak untuk menjawab pertanyaan yang diberikan agar anak balik bertanya terhadap apa yang dilihatnya biar anak aktif dalam berbicara dengan menggunakan medi-media pembelajaran yang sesuai dengan tema dan perkembangan anak. 3) Pengembangan kemampuan berbicara anak pada kelompok A dengan metode bercerita dilakukan dengan cara mendisain media pembelajaran semenarik mungkin agar siswa tidak merasa bosan mendengar cerita guru. Kata Kunci: Pengembangan kemampuan berbicara anak kelompok A

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 03:27
Last Modified: 22 May 2023 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23678

Actions (login required)

View Item View Item