Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terintegrasi Nilainilai Keislaman Konteks Al-Qur’an pada Materi Sistem Persamaan Llinier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII di MTsN 1 Jember.

Izza, Rifda (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terintegrasi Nilainilai Keislaman Konteks Al-Qur’an pada Materi Sistem Persamaan Llinier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII di MTsN 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rifda Izza_T20177094.pdf

Download (23MB)

Abstract

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Integrasi Keislaman Konteks Al-Qur’an, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Bahan ajar merupakan medium untuk mencapai tujuan pengajaran, salah satu jenis bahan ajar adalah LKS. LKS merupakan bahan ajar yang diterapkan guru dalam mentransfer informasi dengan bentuk yang lebih praktis, menarik dan utamanya dapat mempermudah siswa dalam menerima informasi. LKS ini dikembangkan dengan integrasi keislaman konteks Al-Qur’an. Pengembangan LKS dengan mengaitkan permasalahan sehari-hari ini dirasa sangat perlu untuk melatih berpikir logis kritis dan rasional siswa. Madrasah identik dengan bacground keislaman, maka perlu adanya LKS yang dapat memfasilitasi keunikan siswa, dapat mengakomodir kesesuaian tingkat bertindak dan berpikirnya, mengakomodir kontekstualisasi dengan kehidupan sehari-harinya serta kehidupan beragamanya, dengan tidak melupakan kebutuhan esensi kemampuan matematikanya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana proses pengembangan LKS Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman Konteks Al-Qur’an pada Materi SPLDV kelas VIII di MTsN 1 Jember? 2) Bagaimana kevalidan LKS Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman Konteks Al-Qur’an pada Materi SPLDV kelas VIII di MTsN 1 Jember?, 3) Bagaimana kepraktisan LKS Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman Konteks Al-Qur’an pada Materi SPLDV kelas VIII di MTsN 1 Jember?, 4) Bagaimana keefektifan LKS Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman Konteks Al-Qur’an pada Materi SPLDV kelas VIII di MTsN 1 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengembangkan LKS dengan menggunakan model ADDIE. 2) Mengetahui kevalidan LKS matematika yang diperoleh dari uji ahli. 3) Mengetahui kepraktisan LKS yang diperoleh dari hasil angket respon siswa. 4) Mengetahui keefektifan LKS yang diperoleh dari hasil tes siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan menggunakan tahapan ADDIE yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Untuk mengetahui kelayakan penelitian ini menggunakan uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh ahli konten matematika, ahli konten Al-Qur’an, ahli bahasa, dan ahli desain. Hasil dari uji validitas diperoleh 87,33% sehingga memenuhi kriteria sangat valid. Sedangkan hasil uji kepraktisan oleh siswa 86,56%, untuk hasil uji kepraktisan oleh guru kepraktisan yaitu 94,44%, berdasarkan hasil tersebut maka memenuhi kriteria sangat praktis. Serta pada hasil analisi keefektifan menunjukkan presentase klasikal keefektifan 83,00% sehingga dapat dikatakan memenuhi kriteria efektif. Dengan demikian produk LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 03:27
Last Modified: 22 May 2023 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23681

Actions (login required)

View Item View Item