Pembelajaran majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin.

Ruchiyad, Risnawati (2020) Pembelajaran majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Risnawati Ruchiyad_T20161253.pdf

Download (6MB)

Abstract

Di Indonesia, perjalanan berkembangnya kegiatan majelis-majelis taklim ini memiliki akar sejarah yang kuat. Kegiatan-kegiatan pembinaan agama Islam seperti yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat dan telah berkembang sejak masuknya agama Islam ke kawasan Nusantara, hal ini berkaitan dengan timbulnya kesadaran beragama di kalangan masyarakat. Lembaga pendidikan berbasis masyarakat (learning society) ini berperan utama dalam mewujudkan pembelajaran seumur hidup (life long education). Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul merupakan salah satu majelis taklim yang diselenggarakan di tengah masyarakat dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran, mendalami, serta mengembangkan agama Islam sesuai dengan syariatnya dan berupaya memenuhi kebutuhan ganda yakni materil dan spiritual serta menjadikan Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam, bukan hanya keselamatan bagi manusia tetapi juga untuk alam lainnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Apa materi pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin?, 2) Bagaimana metode pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin?, 3) Bagaimana implikasi pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan materi pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin, 2) Untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin, 3) implikasi pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan informan menggunakan metode purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data yang mengacu dari konsep Miles dan Huberman, keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukkan: 1) Materi pembelajaran yakni: a) tematiik, b) akhlak, c)pembelajaran isi kitab risalatul muawwanah. 2) metode pembelajaran yakni: ceramah. 3) Implikasi pembelajaran yakni:a) Pola dakwah (moderat), b) Menanamkan sikap tenggang rasa (tasammuh), c) Menanamkkan hidup seimbang (tawazun), d) Membiasakan hidup adil (ta’adul), e) Menyeru pada amar ma’ruf nahi munkar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 03:57
Last Modified: 22 May 2023 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23686

Actions (login required)

View Item View Item