Pembiasaan Shalat Tahajud Berjamaah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Putri MT Al-Iffah Badean Bondowoso Tahun 2023

Triana, Linda (2023) Pembiasaan Shalat Tahajud Berjamaah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Putri MT Al-Iffah Badean Bondowoso Tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REVISI LINDA TRIANA watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Linda Triana, 2023. “Pembiasaan Shalat Tahajud Berjamaah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Putri MT Al-Iffah Badean Bondowoso”
Kata Kunci: Pembiasaan, Shalat Tahajud, Disiplin.
Pembiasaan shalat tahajud berjamaah merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan setelah shalat isya’ hingga menjelang waktu subuh, namun waktu yang paling baik atau waktu yang paling utama untuk mengerjakan shalat tahajud adalah sepertiga malam terakhir. Dengan adanya pembiasaan shalat tahajud secara berjamaah ini dapat meningkatkan kedisiplinan santri.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana pelaksanaan Pembiasaan Shalat Tahajud Berjamaah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Putri MT Al-Iffah Badean Bondowoso Tahun 2023? 2) Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat Pembiasaan Shalat Tahajud Berjamaah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Putri MT Al-Iffah Badean Bondowoso Tahun 2023?
Tujuan Penelitian: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan Pembiasaan Shalat Berjamaah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Putri MT Al-Iffah Badean Bondowoso Tahun 2023. 2) Mengetahui apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat Pembiasaan Shalat Tahajud Berjamaah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Putri MT Al-Iffah Badean Bondowoso Tahun 2023.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek pada penelitian ini menggunakan teknik purpossive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan penelitian: 1) Pelaksanaan Pembiasaan Shalat Tahajud di MT Al-Iffah diwajibkan untuk berjamaah, tidak hanya santri saja melainkan pengurus juga diwajibkan shalat tahajud berjamaah. Untuk pelaksanaan shalat tahajud dimulai dari 03.15, sebelum pelaksanaan 15 menit itu digunakan untuk persiapan yakni dengan mengaji surah al-waqiah dan membaca asmaul husna sembari menunggu semua santri selesai mengambil air wudu, bagi yang tidak melaksanakan shalat tahajud berjamaah akan mendapatkan hukuman dari pengurus ibadah. 2) Faktor pendukung yakni kedisiplinan santri, kesadaran santri, dan adanya pengurus sedangkan faktor penghambatnya yakni kurangnya niat, tidur tidak teratur, dan rasa kantuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Linda Triana
Date Deposited: 22 May 2023 07:26
Last Modified: 22 May 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23691

Actions (login required)

View Item View Item