Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis higher order thinking skills (HOTS) pada materi persamaan linear dua variabel kelas VIII di MTs. Ma'arif Ambulu berdasarkan hasil belajar

Siti Nur, Khofifah (2023) Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis higher order thinking skills (HOTS) pada materi persamaan linear dua variabel kelas VIII di MTs. Ma'arif Ambulu berdasarkan hasil belajar. Undergraduate thesis, UIN Kyai Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SITI NUR KHOFIFAH_T20197022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir matematis yang dimiliki siswa, menuntut siswa untuk berpikir secara mendalam dalam melakukan analisis atau evaluasi, menyeleksi, memperhatikan, menilai, dan mengkategorikan informasi sesuai dengan fakta dalam menyelesaikan masalah yang didapat dari hasil pengamatan, serta berbagai sumber yang ada. Tingkat berpikir kritis seorang siswa berbeda-beda, seorang guru bisa melihat berpikir kritis atau tidaknya seorang siswa adalah dengan melakukan penugasan ataupun ulangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan soal HOTS materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan hasil belajar. Metode pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VIII C yang berjumlah 26 siswa, dan dipilih 6 siswa dengan metode purposive sampling. Siswa yang terpilih tersebut berdasarkan hasil belajar dengan mempertimbangkan saran dari guru mata pelajaran matematika serta siswa yang dapat berkomunikasi dengan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) siswa dengan hasil belajar tinggi juga mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi, karena dapat memenuhi semua indikator berpikir kritis. 2) siswa dengan hasil belajar sedang, memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis sedang karena dapat memenuhi 5 indikator berpikir kritis. 3) siswa dengan hasil belajar rendah memiliki kemampuan berpikir kritis rendah., karena mampu memenuhi 2 indikaor berpikir kritis.
Kata Kunci: Kemanpuan Berpikir Kritis, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010503 Mathematical Aspects of Classical Mechanics, Quantum Mechanics and Quantum Information Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Nur Khofifah
Date Deposited: 29 May 2023 06:51
Last Modified: 29 May 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23699

Actions (login required)

View Item View Item