Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Probing Prompting Kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Min Qothrotul Ulum Gumukmas Jember.

Umami, Rizka Iftita (2021) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Probing Prompting Kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Min Qothrotul Ulum Gumukmas Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizka Iftita Umami_T20171346.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Metode Probing Prompting Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah pembelajaran yang memiliki tujuan agar siswa menjadi akhlakul karimah sesuai dengan ajaran Islam. Agar memperoleh hasil yang maksimal maka harus menggunakan metode yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan metode Probing Prompting. Metode Probing Prompting bertujuan agar siswa berfikir aktif, berpendapat serta melatih untuk berbicara agar siswa tersebut menjadi terbiasa dalam mengungkapkan argumennya sendiri. Fokus penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana tujuan pembelajaran PAI menggunakan metode Probing Prompting di SMK MINQU Gumukmas?. 2) Bagaimana materi pembelajaran PAI menggunakan metode Probing Prompting di SMK MINQU Gumukmas?. 3)Bagaimana langkah-langkah pembelajaran PAI menggunakan metode Probing Prompting di SMK MINQU Gumukmas. 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI menggunakan metode Probing Prompting di SMK MINQU Gumukmas? Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis peenlitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penenlitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis kualitatif Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu penerapa pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Probing Prompting yaitu:1)Penerapan Pembelajaran PAI melalui metode Probing Prompting kelas XI di SMK MINQU meliputi: a) Tujuan: siswa lebih aktif belajar dan lebih berkonsentrasi dan siswa bisa memberikan pendapatnya dengan begitu siswa akan mengetahui pentingnya menghormati orang tua dan guru secara aktif dan berfikir kritis, siswa menyebutkan dalil naqli serta hadits tentang orang tua dan guru dan siswa bisa membangun pengetahuannya dengan mengaitkan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. b)Materi: menghormati orang tua dan guru dan juga diselipi dengan materi menghormati terhadap sesama agar siswa bisa mengetahui perbedaan mengormati terhadap orang tua dan sesama. c)Langkah-langkah pembelajarannya: Guru memberikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kemudian menyuruh siswa bertanya mengenai materi yang disampaikan dan menjawab pertanyaan dari siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan kepada siswa, kemudian menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan dan siswa menjawab pertanyaan guru, guru meminta pendapat siswa lain mengenai jawaban dari siswa. Dan siswa yang sangat aktif akan mendapatkan reward dari guru.2)Evaluasi Pembelajaran PAI melalui metode Probing Prompting kelas XI di SMK MINQU menggunakan tes multiple choice dan non tes penilaian sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 07:20
Last Modified: 22 May 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23701

Actions (login required)

View Item View Item