Metode Ekstrospeksi Diri Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Santri Melalui Kajian Kitab al-Barzanji di Pondok Pesantren Darussalam Banyuwangi

Hasanah, Rizki Nur (2020) Metode Ekstrospeksi Diri Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Santri Melalui Kajian Kitab al-Barzanji di Pondok Pesantren Darussalam Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizki Nur Hasanah_D20163078.pdf

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan teknologi, sosial budaya, dan beberapa aspek lainnya terus berkembang pesat dengan seiring waktu. Tidak menutup kemungkinan perkembangan ini akan mempengaruhi sikap dan mental para santri. Terlebih kepada kesadarannya dalam beragama. Pondok Pesantren sebagai wadah tentu memiliki upaya-upaya tersendiri, salah satunya adalah dengan mengadakan kajian Kitab al-Barzanji dengan tujuan santri dapat berekstropeksi dengan tauladan Rasulullah. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana metode ektropeksi diri di dalam kajian Kitab Maulid al- Barzanji di PP. Darussalam?, 2. Bagaimana bentuk kesadaran beragama santri didalam Kitab Maulid al-Barzanji?, 3. Bagaimanakah hambatan-hambatan dalam mengkaji Kitab Maulid al-Barzanji?. TujuanPenelitianiniadalah : 1. Mengetahui dan mendeskripsikan metode ekstropeksi diri di dalam kajian kitab al-Barzanji di PP. Darussalam, 2. Mengetahui dan mendeskripsikan bentuk kesadaran beragama santri PP.Darussalam dalam Kitab Maulid al-Barzanji, 3. Mengatahui dan mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam mengkaji KitabMaulid al-Barzanji di PP. Darussalam. Metode peneitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan subjeknya, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis hasil temuannya dengan menggunakan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan penelitian ini menggunakan 2 teknik triangulasi yakni :triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah : Kajian Kitab al-Barzanji yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Darussalam secara tidak langsung mengandung proses ekstrospeksi diri yang membantu para santri untuk menentukan tindakan yang baik dan tepat sesuai dengan tauldan-tauladan Rasulullah Muhammad saw. 2. Bentuk-bentuk kesadaran Bergama santri dalam kajian Kitab al-Barzanji meliputi :bertambahnya perasaan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya, senang dalam mempelajari ajaran agama Allah, memberikan dorongan kepada santri untuk melaksanakan syariat-syariat agama Islam. Dan yang terakhir melalui kajian Kitab al-Barzanji ini santri ditanamkan sikap yang mencerminkan seorang muslim, yakni dengan berakhlaq kepada Allah, berakhlaq kepada Nabi Muhammad, dan Berakhlaq kepada diri sendiri. 3. Hambatan-hambatan yang terjadi pada saat proses kajian Kitab al-Barzanji adalah suasana kajian yang ramai, gangguan pada speaker kajian, dan kondisi santri yang mengantuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 07:20
Last Modified: 22 May 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23702

Actions (login required)

View Item View Item