Pengelolaan Dana Tabarru’ Pada Asuransi Syariah (Studi Kasus Kantor Bumiputra Syariah Jember).

Robbi, Mr (2020) Pengelolaan Dana Tabarru’ Pada Asuransi Syariah (Studi Kasus Kantor Bumiputra Syariah Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Robbi_S20152058.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu trobosan baru yang mana sangat membantu sekali dengan kebutuhan masyarakat di era sekarang ini, asuransi syariah hadir di tengah-tengah masyarakat di tunjukkan sebagai salah satu solusi konkrit untuk menyelesaikan permasalahan berbagai kalangan. Asuransi syariah ini terbuka untuk siapa saja yang dirinya sudah siap untuk mengikuti asuransi. Salah satu hal yang membedakan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional yakni adanya dana tabarru’ pada asuransi syariah. Penelitian ini mendiskusikan mengenai pengelolaan dana tabarru’ pada Asuransi Bumiputra Syariah cabang Jember. Hasil penelitian dalam artikel ini menunjukkan bahwa setiap produk asuransi yang terdapat di Asuransi Bumiputra Syariah cabang Jember telah menerapkan akad tabarru’. Pengelolaan dana secara keseluruhan terbagi menjadi tiga yaitu dana peserta, dana perusahaan, dan tabarru’. Fokus penelitian yang di teliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimanakah Pengelolaan dana Tabarru’ di Kantor Asuransi Bumi Putra Syariah Jember ? 2. Apakah prosedur Penerapan dana Tabarru’ di Kantor Asuransi Bumi Putra Syariah Sudah Sesuai Dengan Prinsip Syariah ? 3. Bagaimana Sistem Penetapan Dana Tabarru’ di Kantor Asuransi Bumi Putra Syari’ah Jember ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terkait dengan pengelolaan dana tabarru’ yang ada dikantor Bumiputra Syariah cabang Jember, sesuaikah dengan aturan-aturan yang sudah di tetapkan di dalam fatwa Dewan Syariah Nasional DSN-MUI mengenai Asuransi Syariah dan mengenai pengelolaan dana tabrru’ dengan penerapan yang ada di kantor Bumiputra sendiri. Tenik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. Dalam pengelolaan dana tabarru’ penegelolaan dana kontribusi langsung masuk ke rekening dana tabarru’ setelah di kurangi dengan ujrah dan di setorkan ke pusat. 2. Mengenai prosedur penerapan dana tabarru’ di tetapkan ketika nasabah sudahj mendfaftarkan diri sebagai nasabah dan siap dengan semua persyaratan yang telah di tentukan oleh perusahaan. 3. Mengenai penetapan dana tabarru’ yang ada dikantor Bumiputra Syariah sudah mengikuti ketentuan- ketentuan syariah serta fatwa-fatwa yang telah di tentukan, yang mana hal tersebut sudah tidak lagi bertentangan dengan syariat-syariat islam. Kata kunci : pengelolaan, dana tabarru, asuransi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 07:20
Last Modified: 22 May 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23704

Actions (login required)

View Item View Item