Strategi Penyampaian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Menanamkan Nilai Nilai Karakter Pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mayang-Jember

MOH. BARIRUL UMAM, UMAM (2023) Strategi Penyampaian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Menanamkan Nilai Nilai Karakter Pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mayang-Jember. Masters thesis, PASCASARJANA UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
STRATEGI PENYAMPAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENANAMKAN NILAI NILAI KARAKTER PADA SISWADI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MAYANG-JEMBER.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Moh Barirul Umam, 2023. Strategi Penyampaian Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti untuk Menanamkan Nilai Nilai Karakter Pada Siswa di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mayang-Jember. Pembimbing 1 :
Prof Dr. Hj Mukniah M.Pd.I, Pembimbing II : Dr Hj. Hamdanah M.hum
Kata Kunci : Strategi Penyampaian pembelajaran, Nilai Nilai Karakter
Strategi penyampaian pembelajaran di Sekolah Memengah Pertama Negeri
2 Mayang menggunakan bentuk belajar mengajar kontekstual. Dengan metode
ceramah, diskusi dan praktek pada saat penyampaian materi Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti. Penanaman nilai karakter dilakukan dengan cara
mengintegrasikan nilai nilai karakter kedalam materi pembelajaran. Penanaman
nilai nilaikarakter di luar pembelajaran dengan cara mengintegrasikan nilai nilai
karakter ke dalam program sekolah yaitu pembiasaan Sholat Dhuha dan Dhuhur
berjamaah.
Fokus Penelitian: (1) Bagaimana strategi Penyampaian materi Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti untuk menanamkan nilai karakter Religius pada
siswa? (2) Bagaimana strategi Penyampaian materi Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti untuk menanamkan nilai kedisiplinan pada siswa? (3) Bagaimana
strategi Penyampaian materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk
menanamkan nilai kejujuran pada siswa?
Tujuan Penelitian: untuk Menganalisis Strategi Penyampaian materi
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk menanamkan nilai nilai
karakter Religious, kedisiplinan, dan kejujuran pada siswa di Sekolah Menengah
pertama Negeri 2 Mayang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
Taksonomi Variable dari Reigeluth. Dalam strategi penyampaian, terdapat tiga
komponen yang harus diperhatikan yaitu: (1) media pembelajaran; (2) interaksi
siswa dengan media; (3) bentuk belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus, dalam menentukan subyek penelitian mengunakan tekhnik purposive,
sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data interaktif
Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber, dan triangulasi metode
Hasil penelitian: (1) penanaman karakter religius: guru mengintegrasikan
nilai karakter religius ke dalam materi pelajaran. Dan mengintegrasikan nilai
karakter religius ke dalam program sekolah yaitu pembiasaan Sholat Dhuha dan
Dhuhur berjamaah; (2) penanaman karakter disiplin: guru menghimbau peserta
didik untuk mentaati peraturan sekolah, baik di dalam pembelajaran atau diluar
pembelajaran. Memberikan hukuman bagi siswa yang melanggar peraturan pada
saat penyampaian materi pembelajaran; (3) Penanaman karakter kejujuran: guru
memberikan pesan moral terhadap peserta didik pada saat penyampaian materi
pembelajaran agar senantiasa berperilaku jujur baik didalam ataupun diluar
sekolah. Menggunakan penilaian teman kelas sebagai upaya penanaman nilai
karakter kejujuran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Barirul Umam
Date Deposited: 22 May 2023 07:20
Last Modified: 22 May 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23706

Actions (login required)

View Item View Item