Pembiasaan Shalat Jum'at Sebagai Pembentukan Karakter Disiplin Dan TanggungJawab Pada Siswa MTs Baitul Hikmah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Wijayanti, Lilis Tiana (2023) Pembiasaan Shalat Jum'at Sebagai Pembentukan Karakter Disiplin Dan TanggungJawab Pada Siswa MTs Baitul Hikmah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kh. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LILIS TIANA WIJAYANTI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Lilis Tiana Wijayanti, 2023. Pembiasaan Shalat Jumat Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Pada Siswa MTs. Baitul Hikmah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Pembiasaan, Shalat Jumat, Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab
Program keagamaan di MTs. Baitul Hikmah Tempurejo sangatlah berbeda dengan sekolah formal pada umumnya yaitu melaksanakan pembiasaan shalat jumat di madrasah. Pembiasaan shalat jumat merupakan suatu kegiatan ibadah yang dilakukan setiap hari jumat secara berjamaah dalam dua rakaat yang dilaksanakan setelah khutbah jumat pada waktu dzuhur. Pembiasaan shalat jumat ini bertujuan agar dapat meningkatkan karakter religius siswa, rasa kedisiplinan dan tanggung jawab siswa terhadap shalat jumat.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pembiasaan shalat jumat dalam upaya pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa MTs. Baitul Hikmah Tempurejo Jember tahun pelajaran 2022/2023, 2) Apa saja faktor penghambat pelaksanaan shalat jumat dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa MTs. Baitul Hikmah Tempurejo Jember tahun pelajaran 2022/2023, 3) Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan pembiasaan shalat jumat dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa MTs. Baitul Hikmah Tempurejo Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pembiasaan shalat jumat dalam upaya pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa MTs. Baitul Hikmah Tempurejo Jember tahun pelajaran 2022/2023, 2) Mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan shalat jumat dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa MTs. Baitul Hikmah Tempurejo Jember tahun pelajaran 2022/2023, 3) Mendeskripsikan solusi dalam mengatasi hambatan pembiasaan shalat jumat dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa MTs. Baitul Hikmah Tempurejo Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis pendekatan deskriptif. Subyek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembiasaan shalat jumat dilaksanakan sejak tahun 2015, pembiasaan shalat jumat ini diwajibkan bagi seluruh siswa, adapun untuk pelaksanaan shalat jumat ini tersusun dengan rapi mulai dari persiapan, pembinaan dan evaluasi shalat jumat. 2) faktor penghambat pelaksanaan shalat jumat diantaranya yaitu kurangnya pengawasan guru, kurangnya kedisiplinan dan tanggung jawab siswa, serta pengaruh teman sebaya. 3) solusi dalam mengatasi faktor penghambat tersebut adalah dengan pengawasan, latihan, contoh teladan yang baik, peraturan atau sanksi dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lilis Tiana Wijayanti
Date Deposited: 22 May 2023 08:17
Last Modified: 22 May 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23718

Actions (login required)

View Item View Item