Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonmi Syariah (KHES) Terhadap Pembatalan Perjanjian Sewa-Menyewa Perlengkapan Resepsi Pernikahan Akibat Overmacht (Covid-19) (Studi Pada Wedding Organizer Tirta Jaya Salon Desa Juglangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo)

Zahro, Nur Iftitah (2023) Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonmi Syariah (KHES) Terhadap Pembatalan Perjanjian Sewa-Menyewa Perlengkapan Resepsi Pernikahan Akibat Overmacht (Covid-19) (Studi Pada Wedding Organizer Tirta Jaya Salon Desa Juglangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR IFTITAH ZAHRO watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pandemi covid-19 yang belum berakhir berdampak pada sektor perekonomian terlebih pada Wedding Organizer Tirta Jaya Salon Desa Juglangan Kecamatan Kapongan kabupaten Situbondo yang tidak dapat menunaikan prestasinya sehingga dalam pemenuhan hak dan kewajiban menjadi terhalang sehingga mengakibatnya overmacht. Hal ini menjadi alasan terhadap pembatalan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya. Namun dalam pelaksanaannya pihak Wedding Organizer Tirta Jaya Salon tidak sesuai dengan ketentuan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah serta KUHPerdata.
Dari uraian tersebut muncullah beberapa fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana sistem perjanjian sewa menyewa pada Wedding organizer Tirta Jaya Salon Desa Juglangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo? 2) Bagaimana pelaksanaan perjanjian sewa menyewa akibat overmacht (covid-19) pada Wedding Organizer Tirta Jaya Salon Desa Juglangan Kecamatan kapongan Kabupaten Situbondo? Tujuan dari penelitian tersebut yaitu: 1) Untuk mengetahui dan menganalisa terkait sistem perjanjian sewa menyewa pada Wedding Organizer Tirta Jaya Salon Desa Juglangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo 2) Untuk mengetahui dan menganalisa tentang pelaksanaan perjanjian sewa menyewa akibat overmacht (covid-19) pada Wedding Organizer Tirta Jaya Salon Desa Juglangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris, yakni peneliti ingin melakukan penelitian secara terperinci dan mendalam terhadap pembatalan perjanjian sewa-menyewa perlengkapan resepsi akibat overmacht (covid-19). Pada konsep pendekatannya yaitu menggunakan pendekatan sosiologis, merupakan pendekatan yang menganalisis tentang bagaimana reaksi dan interaksi yang terjadi ketika sistem norma itu bekerja di dalam masyarakat.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Sistem perjanjian sewa menyewa (akad ijarah) pada Wedding Organizer Tirta Jaya Salon yaitu menggunakan uang muka (DP) sebagai syarat sahnya atau tanda jadi pada perjanjian tersebut. 2). Bahwa dalam pelaksanaannya pihak Wedding Organizer tidak taat pada ketentuan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah serta hal tersebut tidak sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang menyatakan bahwa uang muka harus milik penyewa.

Kata Kunci : Pembatalan Perjanjian, Sewa Menyewa, Overmacht.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012710 al-Ijarah & al-Ju’alah (Sewa-menyewa & Kontrak Kerja)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Nur Iftitah Zahro
Date Deposited: 23 May 2023 03:14
Last Modified: 23 May 2023 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23725

Actions (login required)

View Item View Item