Rekonstruksi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Unggulan Surabaya: SMA Khadijah Surabaya dan SMA Al Hikmah Surabaya.

Santoso, Mr (2022) Rekonstruksi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Unggulan Surabaya: SMA Khadijah Surabaya dan SMA Al Hikmah Surabaya. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Santoso_0842919014.pdf

Download (18MB)

Abstract

Kata Kunci: Rekonstruksi Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Rekonstruksi model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Rekonstruksi model pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang diwujudkan dalam akhlak yang terpuji, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamatan, serta pengamalan peserta didik tentang pendidikan agama Islam. Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam saat ini perlu dilakukan rekonstruksi supaya pembelajaran lebih maksimal dalam mencapai tujuan pembelajaran. SMA Khadijah dan SMA Al Hikmah adalah lembaga pendidikan yang melakukan rekonstruksi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan program sekolah unggulan. Fokus penelitian disertasi ini: a) Bagaimana pendekatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Khadijah Surabaya dan SMA Al Hikmah Surabaya? b) Bagaimana guru menyusun perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Khadijah Surabaya dan SMA Al Hikmah Surabaya? c) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah unggulan SMA Khadijah Surabaya dan SMA Al Hikmah Surabaya? Tujuan penelitian ini adalah: a) Mendeskripsikan dan menganalisis pendekatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. b) Mendeskripsikan dan menganalisis penyusunan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. c) Mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Teori yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman dengan 3 alur kegiatan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Temuan dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, pendekatan pembelajaran disusun secara sistematis terintegratif dengan model CTL integratif berdasarkan rumusan struktur kurikulum Diknas dan yayasan dengan pendekatan partisipasi siswa untuk mencapai tujuan hasil pembelajaran. Kedua, perencanaan pembelajaran disusun oleh guru sesuai materi, tujuan yang spesifik, metode, dan waktu namun tetap dikoordinasikan dengan tim guru PAI untuk melakukan analisis bersama sesuai dengan tujuan kurikulum Diknas dan yayasan berdasarkan kebutuhan perkembangan sosial anak di masyarakat. Ketiga, evaluasi pembelajaran menggunakan sistem penyusunan indikator terhadap yang akan dievaluasi berdasarkan tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh Diknas dan yayasan yang melibatkan orang tua, masyarakat, dan lembaga eksternal pembuat sertifikat untuk mengetahui perubahan karakter perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 23 May 2023 01:29
Last Modified: 23 May 2023 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23726

Actions (login required)

View Item View Item