Implementasi Program Ekstra- Kurikuler Seni Tari Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi Tahun Pelajran 2019/2020

Sayudiy, Mr (2020) Implementasi Program Ekstra- Kurikuler Seni Tari Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi Tahun Pelajran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Sayudiy_T20154072.pdf

Download (5MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi adalah sekolah swasta pada tahun 2014 mulai menerapkan kegiatan ekstrakurikuler seni tari dengan alasan banyaknya antusias masyrakat yang ingin adanya kegiatan ekstrakurikuler seni tari dengan tujuan untuk menunjang dan mewadahi bakat dan minat anak-anaknya yang sedang menempuh pendidikan di MI Miftahul Muna kesilir Banyuwangi. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu(1) Bagaimana proses kegiatan program ekstrakurikuler seni tari di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020?. (2) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam program ekstrakurikuler seni tari di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020?. (3) Bagaimana dampak nilai-nilai pendidikan karakter dalam program ekstrakurikuler seni tari di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi jenis non partisipan, wawancara dengan jenis wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dalam proses kegiatan ekstrakurikuler seni tari yakni penentuan judul yang akan di praktikan, lalu kegiatan selanjutnya yaitu memberikan teori tentang sejarah tarian gerak dasar dan pola lantai, kemudian peserta mengikuti arahan pelatih untuk mempraktikan tarian, namun sebelum melakukan praktik peserta ekstrakurikuler seni tari melakukan pemanasan terlebih dahulu yang di pandu langsung oleh ibu Siti Nur Azizah Fitriya selaku pelatih. Kemudain sebelum kegiatan di akhiri bu Fitri memberikan motifasi dan di tutup dengan do’a. 2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari yakni nilai kedisiplinan, nilai sosial, rasa tanggung jawab, cinta budaya daerah, dan nilai religi. Berdasarkan apa yang di tunjukkan anak mengenai kepeduliannya terhadap teman, kebiasaan anak selalu berdo’a pada saat sebelum atau sesudah melaksankan semua kegiatan, dan sikap kedisiplinan anak pada saat upacara bendera maupun pada saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. 3) Dampak nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari yaitu terkait dengan hal-hal yang positif seperti menumbuhkan semangat belajr anak, menumbuhkan kedisiplinan anak, dan menumbuhkan nilai sosial anak terhadap sesama maupun terhadap yang lebih tua. Kata kunci: pendidikan karakter, ekstrkurikuler, dan seni tari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 23 May 2023 01:29
Last Modified: 23 May 2023 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23727

Actions (login required)

View Item View Item