Pendistribusian Dana Zakat Produktif “Bantuan Diklat Kerja” Di Baznas Kabupaten Lumajang

Subhan, Mr (2020) Pendistribusian Dana Zakat Produktif “Bantuan Diklat Kerja” Di Baznas Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Subhan_S20165038.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendistribusian zakat merupakan suatu aktifitas atau kegiatan untuk mengatur sesuai fungsi manajemen dalam upaya menyalurkan dana zakatyang diterimapihak muzakki kepada pihak mustahiq sehingga mencapai tujuan organisasi secara efektif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pendistribusian dana zakat produktif “bantuan diklat kerja” di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lumajang (2) Apa yang menjadi kendala pendistribusian dana zakat produktif “bantuan diklat kerja” di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lumajang(3) Bagaimana solusinya untuk mengatasi adanya kendala pendistribusian dana zakat produktif “bantuan diklat kerja” di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lumajang. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan yaitu : (1) Untuk mendeskripsikan pendistribusian dana zakat produktif bantuan diklat kerja di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lumajang (2) Untuk mengdeskripsikan kendala pendistribusian dana zakat produktif bantuan diklat kerja di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lumajang(3) Untuk mendeskripsikan solusinya dengan adanya kendala Pendistribusian Dana Zakat Produktif bantuan Diklat Kerja di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisisis dekriptif dan Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Pendistribusian dana zakat produktif melalui program bantuan diklat kerja di BAZNAS Kabupaten Lumajang sangatlah potensial dalam hal membrantas kemiskinan, pendistribusian dana zakat produktif bantuan diklat kerja tersebut bisa mengembangkan ekonomi masyarakat dan memotivasi mereka. (2) kendala yang dihadapi dalam pendistribusian ini antara lain yaitu, minimnya anggaran, perbedaan keinginan masyarakat, Minimnya akses yang di miliki oleh masyarakat, sulitnya menentukan peserta, Keterbatasan jarak peserta dari rumah ke tempat pelatihan, kesulitan mengaplikasikan ilmu yang di dapat dari pelatihan, dan minimnya karyawan yang dimiliki oleh BAZNAS Kabupaten Luamajng. (3) Solusinya yaitu mengumpulkan dana semaksimal mungkin, rapat internal BAZNAS, berusaha memfasilitasi masyarakat agar bisa mengakses informasi di BAZNAS, Memberikan tes terhadap calon peserta pelatihan, menyediakan tempat tinggal untuk peserta pelatihan diklat kerja,memberi ilmu tambahan bagi peserta yang masih kurang paham, dan menggandeng relawan BAZNAS Kabupaten Lumajang. Kata kunci : Pendistribusian zakat produktif, Bantuan diklat kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150199 Accounting, Auditing and Accountability not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 23 May 2023 01:29
Last Modified: 23 May 2023 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23728

Actions (login required)

View Item View Item