Implementasi Strategi Community Based Tourism Pada Pemberdayaan Ekonomi Masa Pandemi Covid 19 Di Desa Wisata Tirta Agung Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso.

Sofiyatun, Ms (2021) Implementasi Strategi Community Based Tourism Pada Pemberdayaan Ekonomi Masa Pandemi Covid 19 Di Desa Wisata Tirta Agung Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Sofiyatun_E20172216.pdf

Download (11MB)

Abstract

Community Based Tourism (CBT) ialah konsep pengembangan destinasi wisata yang bertujuan untuk menonjolkan ciri khas daerah dengan melibatkan masyarakat lokal mulai dari perencanaan pengelolaan dan pemberian keputusan dalam pembangunan sebuah wisata. Konsep CBT disetiap daerah memiliki keunikan seperti strategi yang diterapkan wisata Tirta Agung Sukosari Kidul Kab. Bondowoso. Fokus penelitian ini adalah : 1. Bagaimana strategi community based tourism pada pemberdayaan ekonomi pada masa pandemi covid 19 di Desa Wisata Alam Tirta Agung Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso?, 2. Apa dampak strategi community based tourism pada pemberdayaan ekonomi pada masa pandemi covid 19 di Desa Wisata Alam Tirta Agung Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso?. Adapun tujuan penelitian adalah: 1. Untuk mengetahui strategi community based tourism pada pemberdayaan ekonomi pada masa pandemi covid 19 di Desa Wisata Alam Tirta Agung Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso. 2. Untuk mengetahui dampak strategi community based tourism pada pemberdayaan ekonomi pada masa pandemi covid 19 di Desa Wisata Tirta Agung Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pedekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan purposive yaitu pertimbangan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : 1. Pemberdayaan masyarakat dengan memakai strategi community based tourism dimana masyarakat turut andil dalam pengelolaaannya untuk mengembangkan desa wisata adalah startegi untuk mengembangkan masyarakat menjadi masyarakat yang kreatif guna mensejahterakan perekonomian masyarakat yang ada di desa tersebut. 2. Dampak strategi community based tourism pada pemberdayaan ekonomi pada masa pandemi covid 19 di desa wisata Tirta Agung Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso, yaitu meningkatkan kapasitas, peran dan inisiatif masyarakat pembangunan kepariwisataan, meningkatkan posisi dan kualitas keterlibatan/partisipasi masyarakat, meningkatkan nilai manfaat positif pembangunan kepariwisataan bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat, meningkatkan kemampuan masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata. Kata Kunci: Desa wisata, Community based tourism, Strategiss

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 23 May 2023 02:24
Last Modified: 23 May 2023 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23736

Actions (login required)

View Item View Item