Suniasih, Ms (2021) “Penerapan Model Project Based learning dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik di Masa Pandemi Covid 19 di MI Hdayatul Mubtadi’in Rowotamtu Rambipuji Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ms. Suniasih_T20174052.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Project Based Learning, Kreativitas, Pembelajaran Tematik Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik. Oleh karena itu, pendidik harus dapat memilih model pembelajaran yang dapat digunakan pada masa pandemi covid 19 saat ini, yang bertujuan untuk menarik minat belajar siswa. Model pembelajaran yang sangat cocok digunakan pada saat ini adalah model Project based Learning. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Model Project Based Learning dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik kelas 3 di Masa Pandemi Covid 19 di MI Hidayatul Mubtadi’in Rowotamtu? 2) Bagaimana Pelaksanaan Model Project Based Learning dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik kelas 3 di Masa Pandemi Covid 19 di MI Hidayatul Mubtadi’in Rowotamtu? 3) Bagaimana Evaluasi Penerapan Model Project Based Learning dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik kelas 3 di Masa Pandemi Covid 19 di MI Hidayatul Mubtadi’in Rowotamtu? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan Perencanaan Model Project Based Learning dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik kelas 3 di Masa Pandemi Covid 19 di MI Hidayatul Mubtadi’in Rowotamt. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Model Project Based Learning dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik kelas 3 di Masa Pandemi Covid 19 di MI Hidayatul Mubtadi’in Rowotamtu. 3) Mendeskripsikan evaluasi Penerapan Model Project Based Learning dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 di Masa Pandemi Covid 19 di MI Hidayatul Mubtadi’in Rowotamtu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif Miles dan Huberman dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan Model Project Based Learning pada pembelajaran Tematik adalah guru menyiapkan silabus, RPP dan alat dan bahan. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Project Based Learning ini meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan kegiatan penutup. 3) Evaluasi penerapan model Project Based Learning yang meliputi penilaian sikap yaitu spiritual dan sosial, penilaian pengetahuan berupa tes lisan dan tes tulis, dan keterampilan yaitu pembuatan produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 23 May 2023 02:24 |
Last Modified: | 23 May 2023 02:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23739 |
Actions (login required)
View Item |