Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumberdaya Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Garahan Silo Jember Tahun Pelajaran 2019 / 2020.

Sutali, Ms (2020) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumberdaya Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Garahan Silo Jember Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Sutali_0849118055.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah, Mutu Guru Pengembangan mutu sumberdaya manusia khususnya guru merupakan suatu keharusan bagi lembaga pendidikan yang ingin survive sepanjang masa, karena guru pada institusi madrasah adalah kunci utama keberhasilan proses belajar mengajar di madrasah. Mutu madrasah khususnya anak didik seringkali dikaitkan dengan mutu guru, yaitu guru yang memiliki kompetensi sosial, personal, profesional dan pedagogik. Dalam kerangka inilah dirasa perlunya peningkatan kemampuan kepala madrasah secara profesional untuk mensukseskan programprogram berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan Segala bentuk kegiatan madrasah selalu diarahkan pada peningkatan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan untuk mengembangkan mutu pendidikan agar dapat berkembang dan maju sesuai dengan kebutuhan pembangunan dan perkembangan zaman. Fokus penelitian ini sebagai berikut : 1. Bagaimana Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumberdaya Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Garahan Silo Jember Tahun Pelajaran 2019 / 2020 ? 2. Bagaimana Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumberdaya Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) AlAmin Garahan Silo Jember Tahun Pelajaran 2019 / 2020 ? Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mendiskripsikan dan menganalisis Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumberdaya Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Garahan Silo Jember Tahun Pelajaran 2019 / 2020. 2. Untuk mendiskripsikan dan menganalisis Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumberdaya Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Garahan Silo Jember Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya study kasus, Teknik pengumpulan data yang di gunakan ( 1) Observasi semi partisipan, (2) Wawancara semi terstruktur, dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkahlangkah : (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Triagulasi yang diguakan ada tiga yaitu triagulasi sumber, triangulasi tehnik dan triagulasi teori. Hasil penelitian ini adalah : (1). Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumberdaya Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Garahan Silo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 yaitu :(a). Kepala madrasah selalu memberikan semangat, bimbingan dan dorongan pada bawahanya dalam mengembangkan mutu sumberdaya guru serta kreativitasnya dan menunaikan tugas-tugas selaku guru. (b). Kepala madrasah rutin mengadakan Peer Teaching serta rapat bulanan sehingga mudah memberi nasehat, motivasi serta saran, dan pemecahan masalah dalam menghadapi permasalahan di madrasah yang berkaitan dengan KBM. (c). Kepala madrasah setiap awal semester rutin mengadakan supervisi kelas dan mewajibkan semua guru mengikuti supervisi kelas sesuai jadwal di tentukan oleh Waka Kurikulum. (d). Kepala madrasah selalu menrima dan Mendengarkan kritikan maupun masukan ide saran dari guru serta berkomunikasi dengan para guru demi kemajuan bersama. (e). Kepala madrasah menciptakan suasana kerja yang nyaman dan penuh kebersamaan. (f). Kepala madrasah bersikap jujur dan adil dalam memperhatikan kebutuhan para guru dan bawahan lainnya. (2). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumberdaya Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) AlAmin Garahan Silo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 yaitu : (a). Kepala madrasah sering mengadakan atau melaksanakan kegiatan Pelatihan Seminar guru (workshop ) kepada bawahannya, dan bekerja sama dengan lembaga lain. (b). Kepala madrasah menyuruh mengikuti aktif (wajib) kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) kepada semua guru.(c). Kepala madrasah selalu membina, membimbing dan melatih para bawahannya membuat perencanaan, pelaksanaan dan serta evaluasi program kerja, seperti penyusunan perangkat belajar mengajar seperti RPP, silabus dan pembuatan Prota serta promes bersama dengan guru. (d). Kepala madrasah selalu mengembangkan komitmen berorganisasi dengan membangun kesadaran akan pentingnya semua pihak demi kebaikan bersama dan lembaga. (e). Kepala madrasah memberikan kelonggaran dan fleksibilitas bagi guru yang hendak menempuh pendidikan lebih tinggi. (f). Kepala madrasah memberi penghargaan atas guru-guru yang prestasi dan disiplin dalam semua kegiatan di madrasah dan kinerja memuaskan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 23 May 2023 02:24
Last Modified: 23 May 2023 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23740

Actions (login required)

View Item View Item